Ini Dia 7 Hidangan Lezat Khas Hari Raya dari Berbagai Daerah di Indonesia

by cs_hardiayan
Rendang

Selain ketupat dan opor ayam, ternyata ada banyak hidangan khas Nusantara yang wajib hadir di hari Lebaran. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

Sebagai hari besar keagamaan, Lebaran tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Tidak saja karena ‘kembali fitri’ dan suasana silaturahmi yang hangat, tetapi juga soal sajian kulinernya yang khas. Nyatanya, keberadaan kuliner ini pun mampu membuat perayaan Hari Raya Idulfitri menjadi lebih kental dan berasa spesial.

Selain ketupat dengan filosofinya yang mendalam, ternyata ada beberapa hidangan makanan yang juga wajib tersedia di momen ini. Di Indonesia, umumnya hidangan Lebaran ini bisa berbeda bergantung dari kuliner khas masing-masing daerah. Seperti apa kekhasan menunya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Opor Ayam

Opor Ayam

Sumber: idntimes.com

 

Di Jawa, salah satu menu yang wajib hadir saat Lebaran adalah opor ayam. Menu ini sangat identik dengan hari raya Idulfitri, dan bahkan ada yang menganggap belum merasakan suasana Lebaran jika belum menyantap sajian ayam bersantan ini.

Bisa dibilang, menu ini sama wajibnya dengan ketupat dan memang keduanya akan disandingkan secara bersamaan. Meski memang, di beberapa daerah ada yang menyajikannya dengan lebih unik, yakni disajikan bersama bubuk kacang kedelai. Alhasil, perpaduan rasanya pun tak hanya asin dan gurih, tetapi juga sedikit manis.

Namun, meski berbeda pada setiap resep opor ayam, yang jelas untuk membuat menu ini Anda membutuhkan bahan utama, yakni ayam dan santan. Ayam harus direbus dengan bumbu bersantan, agar rasanya bisa nikmat dan terasa kental.

 

2. Semur Daging

Semur Daging

Sumber: masakapahariini.com

 

Berbeda dengan orang Jawa yang umumnya akan menyajikan opor ayam, masyarakat Betawi justru akan menghidangkan semur daging di hari istimewa tersebut. Seperti diketahui, semur merupakan salah satu kuliner khas masyarakat Betawi Jakarta yang pastinya wajib dihidangkan di hari spesial, termasuk Lebaran.

Hidangan ini sebenarnya merupakan menu olahan daging yang dimasak dengan bumbu rempah dan kecap. Tak heran jika cita rasanya akan cenderung gurih dan manis, sekaligus pekat nan wangi.  Namun, dijamin, cita rasa yang ditawarkan akan membuat Anda ketagihan.

Anda yang bukan orang Betawi pun, tak ada salahnya jika ingin turut menyajikan menu ini ketika hari raya tiba. Biasanya, semur ini disajikan satu meja dengan ketupat dan sayur sambal godok. Sayur sambal godok ini sendiri merupakan kuah bersantan yang berisi labu siam atau pepaya muda, tahu, telur, jengkol, dan sambal.

 

3. Rendang

Rendang

Sumber: beepdo.com

 

Kuliner khas Padang yang telah mendunia ini ternyata juga menjadi hidangan wajib di hari raya, lo. Menurut masyarakat Sumatera, menu ini tak hanya enak tetapi juga mampu memberi kehangatan tersendiri sehingga cocok untuk dijadikan menu santap bersama keluarga di hari spesial.

Tekstur dagingnya yang lembut dan bumbu pedasnya yang kental, dijamin mampu membuat lidah Anda berdecak nikmat. Sangat cocok untuk dijadikan teman penambah selera bersama sepiring nasi putih atau ketupat. Bagi Anda yang bukan penyuka daging pun, ternyata rendang juga bisa dibuat dari daging ayam, ikan, atau bahkan jengkol.

Tak perlu jauh-jauh ke Padang untuk bisa menikmatinya, karena sebenarnya di beberapa rumah makan atau restoran juga telah tersedia menu yang satu ini. Bagi Anda para pengguna ShopBack, jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan, ya.

Artikel lain : Mau Pesan Nasi Tumpeng yang Enak dan Lezat? Di sini Aja

4. Soto Banjar

Soto Banjar

Sumber: id.wikipedia.org

 

Olahan ayam yang juga tak boleh absen saat Lebaran adalah Soto Banjar. Bagi masyarakat Banjarmasin, menu yang berisi irisan/suwiran daging ayam, telur rebus, dan perkedel ini wajib menjadi salah satu hidangan untuk keluarga besar di hari raya. Pasalnya, konon, rasa nikmat yang dihadirkan bisa cocok untuk lidah semua orang.

Sebenarnya, rasa atau penampilan fisik hidangan ini tak jauh berbeda dengan soto kebanyakan. Hanya saja, soto khas Kalimantan Selatan ini memiliki kuah sedap dengan aroma harum yang memikat. Aroma ini sendiri berasal dari biji pala, cengkeh, dan kapulaga yang juga direbus. Hal lain yang juga menjadi pembeda adalah keberadaan perkedel kentang sebagai salah satu topping dalam sajian tersebut.

 

5. Gulai Sayur

Gulai Sayur

Sumber: idntimes.com

 

Di beberapa daerah di Sumatera, menu yang wajib dihidangkan saat Lebaran tak hanya rendang dan opor ayam, tetapi juga gulai sayur. Gulai jenis ini biasanya berisi nangka muda atau labu siam, yang dimasak dengan kuah santan. Namun, berbeda dengan opor, kuah santan di sini memiliki tekstur yang lebih cair dan pedas.

Kemudian, menu ini pun akan dihidangkan untuk menjadi teman bersantap bersama sepiring lontong atau ketupat. Bagi masyarakat Medan, gulai nangka ini juga akan disandingkan dengan udang dan telur.

 

6. Uvempoi

Di Palu dan beberapa daerah di Sulawesi lainnya, Uvempoi adalah satu di antara sekian hidangan wajib hari Lebaran. Menu sop tulang rusuk daging sapi ini hadir dengan bumbu rempah khas Palu yang pastinya sangat menggoda. Kuahnya yang berwarna cokelat pekat akan terasa gurih dan lezat sehingga cocok untuk disantap bersama sepiring burasa. Burasa sendiri merupakan nasi santan khas Sulawesi yang dibungkus dengan daun pisang.

 

7. Ayam Woku

Ayam bumbu kuning pedas khas Manado ini juga menjadi sajian khas di hari raya. Olahan ayam bersantan ini menawarkan rasa yang tidak hanya enak, tetapi juga kental akan bumbu rempah dan aroma yang khas. Pasalnya, ada banyak bahan aromatik alami yang digunakan, seperti; daun kunyit, daun kemangi, daun pandan, daun jeruk, dan serai. Alhasil, makanan pedas yang satu ini pun memiliki aroma harum yang pastinya sangat menggoda untuk segera disantap.

Bagi yang ingin mencicipinya, Anda tak perlu jauh-jauh ke Kota Manado karena di beberapa rumah makan atau restoran Minahasa yang tersebar di beberapa kota besar, telah tersedia menu khas ini. Tak perlu khawatir soal harga, karena bagi Anda para pengguna ShopBack bisa memanfaatkan berbagai promo atau cashback sehingga harganya pun jadi lebih murah.

You may also like