Manfaat Dewatering Konstruksi dan Metode yang Dipakai

by cs_hardiayan
Dewatering Konstruksi

Debit air tanah yang berlebih pada area sekitar konstruksi gedung, bisa membuat strukturnya mudah rapuh. Karena itulah diperlukan upaya untuk mengalirkan air tanah tersebut agar galian konstruksi bisa tetap kering. Kegiatan mengeluarkan air tanah dan menampungnya dalam suatu tempat dikenal dengan istilah Dewatering. Penyedia jasa dewatering tambang dan konstruksi akan membebaskan area konstruksi dari aliran air tanah agar tidak terjadi rembesan atau bahkan genangan.

Proses Dewatering tidak hanya membutuhkan alat untuk mengangkat air, tetapi juga peran konsultan pembangkit listrik terpercaya. Dalam proses menaikkan air dari dalam tanah ke permukaan memang dibutuhkan energi yang besar. Selain itu monitoring juga harus terus dilakukan agar aliran air tetap lancar. Dewatering tidak hanya berguna untuk menghindari rembesan pada konstruksi, tetapi juga bisa menjaga lereng galian agar tetap kering. Selain itu, kondisi tanah menjadi lebih stabil dan tidak terjadi penggembungan. Secara umum, ada 3 metode Dewatering yang sering dipakai. Diantaranya adalah:

 

1. Open Pumping

Metode Open Pumping banyak dipakai oleh jasa dewatering konstruksi. Prosesnya terbilang sederhana dengan mengumpulkan air tanah dan mengalirkannya ke selokan ataupun sumur. Peralatan yang digunakan dinamakan kolektor. Open Pumping hanya membutuhkan sedikit pipa dan tidak perlu melakukan pengeboran. Biaya pengerjaan pun lebih hemat serta dampak terhadap lingkungan sekitar cukup minim.

 

2. Cutt Off

Metode Cutt Off merupakan salah satu metode yang terbaik. Cara kerjanya dengan memotong aliran air tanah menggunakan dinding pembatas. Dengan metode ini, penurunan tanah disekitar area proyek pembangunan gedung dapat dicegah. Hanya saja untuk menerapkan metode Cutt Off biayanya cukup besar karena pengerjaannya melibatkan banyak alat berat.

 

3. Predrainage

Area proyek yang memiliki saluran pembuangan dan dengan debit rembesan yang besar, konsultan pembangkit listrik terpercaya lebih menyarankan untuk memakai metode ini. Sistem kerjanya adalah dengan menurunkan muka air lebih dahulu setelah itu baru melakukan penggalian. Predrainage tidak memberikan dampak buruk bagi bangunan-bangunan disekitar. Tetapi pengerjaannya sangat lama sebab dilakukan pengeboran terlebih dahulu dan penyambungan pipa-pipa.

Untuk mengetahui metode mana yang cocok untuk mengeringkan area proyek agar terbebas dari rembesan, sebaiknya gunakan jasa dewatering konstruksi. Metode yang dipakai harus sesuai dengan kondisi tanah dan lingkungan sekitar agar tidak terjadi penurunan tanah dikemudian hari.

You may also like