Beragam Permainan Gerakan Manipulatif untuk Anak

by Tigin Pesa
Beragam Permainan Gerakan Manipulatif untuk Anak

Buah hati Anda yang tengah berusia lima tahun, akan mulai menunjukkan minat yang lebih pada gerakan-gerakan fisik. Umumnya terdapat tiga jenis gerakan yang bermanfaat dalam tumbuh kembang anak, yakni gerak lokomotor, gerak non lokomotor dan terakhir adalah manipulatif. Bagi Anda yang belum mengetahui, gerakan manipulatif merupakan gerakan aktifitas pada anak, gerakan ini merupakan suatu perpaduan gerak, yang berguna agar gerak motorik anak menjadi lebih aktif maupun terampil.

Selain itu, dengan memaksimalkan gerakan ini, dapat menjadi pengetahuan bahwa tidak ada masalah dalam perkembangan motorik maupun gerak anak Anda. Terdapat beberapa permainan yang bisa membantu anak untuk melatih gerakan manipulatif ini. Anda bisa memadukan berbagai gerak tubuh anak dengan benda-benda di sekitarnya sebagai penunjang. Dengan benda-benda tersebut, anak akan lebih aktif dalam bergerak, menendang, melempar dan menangkap.

Berikut merupakan permainan gerakan manipulatif dengan bola yang bisa Anda lakukan dengan si buah hati. Jangan lupa untuk selalu mengawasinya agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan dan membahayakan anak Anda, ya.

Bowling

Menggelindingkan bola bisa menjadi salah satu bentuk gerakan manipulatif ini., dan bowling merupakan permainan bola yang tepat. Agar lebih mudah, Anda tidak perlu menggunakan bola bowling asli, cukup dengan bola plastik untuk di mainkan anak Anda. Susun pin dengan rapi, sehingga menampilkan barisan yang pas untuk di robohkan.

Ajari anak Anda untuk mendorong bola tersebut guna meruntuhkan pin-pin yang sudah terpasang. Berikan respon yang positif ketika buah hati Anda berhasil menjatuhkan pin tersebut. Dengan permainan bowling, Anda mengajarkan pada anak agar bisa mengontrol kekuatan dan mengendalikan arah bola.

Basket

Permainan bola selanjutnya yang bisa Anda gunakan sebagai penunjang gerakan manipulatif anak adalah bola basket. Walaupun terkesan sederhana, permainan ini bisa meningkatkan gerak motork anak menjadi lebih aktif. Sebagai langkah awal, Anda bisa menyiapkan lapangan kecil yang kosong di area rumah dan memasangkan ring basket.

Ajak anak bermain basket sekali sampai dua kali seminggu untuk bermain basket. Gunakan bola basket mainan untuk berat yang lebih ringan. Tidak perlu memberikan peraturan yang rumit, cukup minta buah hati Anda untuk memasukkan bola ke keranjang sebanyak yang dia bisa. Nantinya, anak akan lebih bersemangat untuk bermain.

Bola Beranting

Bola beranting merupakan permainan oper bola yang asik jika dilakukan bersama anggota keluarga lainnya. Selain Anda, ajaklah ayah, kakek, nenek ataupun keluarga terdekat untuk bermain permainan ini bersama buah hati Anda. Melakukan permainan ini cukup mudah, bola hanya perlu di oper dan di lempar ke pemain lainnya.

Bola beranting akan membuat anak Anda aktif bergerak, terutama gerakan manipulatif. Koordinasi anggota tubuh, seperti mata, tangan dan kaki, berperan aktif dalam permainan ini. Selain itu, permainan ini juga melatih gerak tangan kanan dan kiri secara seimbang.

Jika Anda tidak ingin melakukan permainan bola, Anda bisa mengajak anak untuk bermain permainan tradisional. Selain mudah dilakukan, anak dapat melakukannya bersama teman-temannya, membuat latihan gerak manipulatif ini menjadi kian menyenangkan.

Permainan tradisional yang bisa Anda coba adalah engklek, tangkap bola, kejar-kejaran dan masih banyak lagi. Anda tak perlu ragu untuk melatih gerakan manipulatif bersama buah hati. Sebab, akan ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika bermain bersamanya, seperti hubungan yang lebih dekat antara keluarga dengan anak. Selamat mencoba!

You may also like