Pentingnya Minum Air Putih

by Tigin Pesa
Pentingnya Minum Air Putih

SoBer, seberapa rajin kamu mengonsumsi air putih selama ini? Mungkin beberapa di antara kamu masih lebih senang dengan minuman soda, kopi, teh, dan sebagainya, dari pada minum air putih. Tapi tahukah kamu, bahwa ternyata air putih punya banyak manfaat untuk tubuh kita! Seperti apa, ya?

1. Membuang racun

Dengan rutin minum air putih, maka manusia akan berkeringat dan lancar buang air kecil, serta mekanisme rutin yang fungsinya adalah membuang racun dari dalam tubuhmu, SoBer!

2. Menjaga kesehatan ginjal
Beberapa penyakit ginjal disebabkan oleh kurangnya minum air putih. Maka dengan rutin minum air putih, berarti kamu sekaligus menjauhkan diri dari penyakit gagal ginjal, batu ginjal, dan sebagainya. Sebab, ginjal membutuhkan cairan untuk membersihkan segala hal yang tidak dibutuhkan tubuh kita.

3. Sebanding dengan menghirup oksigen
Minum 8 liter air sebanding dengan menghirup 8 liter oksigen, lho! Dan seperti yang kita ketahui, manusia tidak bisa bertahan hidup tanpa menghirup oksigen walau sebentar, SoBer.

4. Mencegah panas dalam
Selain itu, air putih juga bisa membantu mencegah sariawan, panas dalam, dan sakit tenggorokan.

5. Mengatasi sakit kepala
Kamu sering sakit kepala? Atau bahkan migrain? Mungkin karena tubuhmu sedang kekurangan cairan, SoBer. Yap! Salah satu fungsi minum air putih adalah menyeimbangkan kadar cairan tubuh, sehingga tidak menimbulkan berbagai jenis penyakit –salah satunya sakit kepala.

Wah, ternyata walau terkesan sederhana, minum air putih punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan! Jadi, masih malas minum air putih?

You may also like