6 Langkah Penanganan Pertama Jika Keluarga Terkena Covid-19

by cs_hardiayan
Covid-19

Covid-19 merupakan virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China, yang mana virus ini sudah berkembang menjadi pandemi yang menyerang seluruh negara di dunia. Hingga saat ini vaksin untuk mengobati coronavirus juga belum ditemukan. Tentu kondisi ini membuat masyarakat takut jika tertular. Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebarannya supaya tidak semakin meluas.

Untuk menekan penyebarannya, pemerintah menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga jarak. Tidak hanya itu saja, pemerintah juga menganjurkan untuk isolasi di rumah, artinya bekerja, sekolah dan beribadah dilakukan di rumah. Meski begitu, himbauan ini tidak sepenuhnya bisa mencegah penularan virus Corona. Berikut adalah beberapa gejala dari virus Corona yang harus diketahui.

Gejala Virus Corona

Perlu diketahui jika gejala virus corona cukup bervariasi. Sebagian orang biasanya merasakan gejala virus Corona klinis. Sebagian lagi merasakan sedikit gejala. Inilah beberapa gejala virus Corona yang paling umum terjadi.

1.Demam Tinggi atau Flu

Gejala virus Corona yang paling terlihat dan juga diduga bisa menyebabkan penularan antar manusia adalah flu atau pilek. Seseorang yang terinfeksi virus ini  akan terkena flu serta cairan dari flu tersebut bisa berisiko membuat orang lain menjadi tertular.

  1. Mengalami Batuk Parah

Perlu diketahui dan dipahami jika virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan.Salah satu tandanya adalah batuk yang cukup parah. Gejalanya hampir sama seperti terinfeksi pneumonia, dimana paru-paru terinfeksi jamur, bakteri atau virus.

  1. Sesak Nafas

Jika virus Corona menyerang sistem pernapasan, kemungkinan besar akan mengalami sesak napas. Hal ini merupakan lanjutan dari gejala sebelumnya, yaitu batuk parah. Ini juga berkaitan dengan paru-paru yang terinfeksi bakteri, jamur atau virus. Infeksi tersebut kemudian menyebabkan seseorang mengalami sesak napas pendek hingga kesulitan bernapas.

  1. Mengalami Pilek dan Sakit Kepala

Gejala selanjutnya adalah mengalami pilek dan sakit kepala. Kondisi ini sangat umum terjadi dikarenakan cairan lendir dari flu bisa berisiko membuat orang lain tertular. Sakit kepala yang dirasakan bersamaan dengan suhu tubuh yang tinggi akibat demam.

Untuk melihat lebih lengkap perihal gejala dari virus ini, para pembaca bisa membuka situs kesehatan Halodoc. Karena di dalam website tersebut terdapat berbagai informasi valid dan berguna mengenai Covid-19 ini.

6 Langkah Penanganan Pertama Jika Keluarga Terkena Covid-19

1.Rajin Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ada anggota keluarga yang terinfeksi Covid-19 adalah rajin mencuci tangan. Anda juga diharuskan untuk membatasi kontak langsung dengan orang lain serta mencuci tangan sebelum terjadi kontak, layaknya tenaga medis.

  1. Menjaga Jarak Minimal 1 Meter dengan keluarga Lain

Anggota keluarga dengan sistem kekebalan tubuh yang sedang terganggu, diharuskan untuk menjaga jarak minimal 1 meter dari anggota keluarga lainnya. Sebaiknya harus tetap tinggal di rumah dan hanya mengizinkan anggota keluarga lainnya yang menjalankan tugas rumah tangga.

  1. Tidak Berkomunikasi Secara Langsung

Meskipun sedang menjalankan isolasi diri, usahakan untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya melalui telepon atau media sosial lainnya. Terus berkomunikasi dan berbagi pikiran bisa memberikan dukungan kepada orang lain supaya bisa sembuh dengan cepat.

  1. Tinggal di Kamar Terpisah

Bagi anggota keluarga yang terinfeksi virus corona dan melakukan isolasi siri sebaiknya tinggal di kamar terpisah. Hal ini untuk melatih menjauhkan jarak sosial dengan anggota keluarga dan rumah tangga lainnya.

  1. Hindari Berbagi Barang-barang Rumah Tangga atau Peralatan Makan

Sangat disarankan untuk menghindari berbagi barang-barang rumah tangga atau peralatan makan dengan anggota keluarga lainnya. Peralatan makan wajib dipisah dari anggota keluarga lainnya supaya tidak tertular virus Corona.

  1. Membersihkan Rumah

Langkah terakhir, jangan lupa untuk membersihkan permukaan benda, seperti telepon, remote, saklar lampu, gagang toilet, keran dan pengontrol permainan secara teratur. Sebaiknya juga berhati-hati dalam menggunakan bahan kimia yang kuat di dalam ruangan tertutup. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang digunakan tidak benar bisa menyebabkan masalah pernapasan.

Itulah 6 langkah penanganan pertama jika keluarga terkena Covid-19. Apabila kondisinya semakin parah alangkah lebih baik segera dibawa ke rumah sakit supaya segera ditangani oleh dokter atau petugas medis lainnya.

You may also like