Jenis-jenis Karpet Masjid Jakarta Berdasarkan Bahannya

by cs_hardiayan
Jenis-jenis Karpet Masjid Jakarta Berdasarkan Bahannya

Jenis-jenis Karpet Masjid Jakarta Berdasarkan Bahannya – Masjid merupakan tempat ibadah umat islam, mulai dari salat, kajian dll. Oleh karena itu keberadaannya sangat diagungkan oleh umat islam. Sampai untuk memperindah sekaligus membuat nyaman orang yang datang ke masjid, biasanya lantai masjid diberikan tempat karpet dengan bahan berkualitas.

Masjid di Jakarta justru lebih memperhatikan kualitas karpet yang ada, karena Jakarta adalah kota besar yang hampir orang muslim di seluruh penjuru Indonesia berdatangan merantau bahkan menetap di Jakarta. Karena kepadatan umat islam di sanalah karpet masjid Jakarta sangat diperhatikan kualitasnya demi kenyamanan beribadah umat islam bersama.

Karpet Masjid di Jakarta ada berbagai macam jenis karpet  yang dipakai dabn juga diperjual belikan oleh para penjual karpet masjid di sana. Berikut ini jenis karpet berdasarkan bahannya yang biasa dijual di pasar:

Karpet Bahan Imperial

Jenis karpet imperial ini berbahan dasar nylon yang benangnya sudah dikenal nyaman untuk digunakan. Permukaan karpet ini sangat lembut dan tidak panas, sehingga nyaman sekali bila digunakan di masjid.

Ukuran karpet berbahan imperial ini, biasanya tersedia ukuran besar dan ukuran kecil minimalis. Untuk ukuran kecilnya, cocok sekali diletakkan di musalla bagi Anda yang punya musalla kecil di rumah.

Ketebalan dari karpet ini lumayan bervariasi, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan masjid. Anda tidak perlu khawatir memilih yang tipis, sebab karpet berbahan imperial ini sangat empuk. Jadi, tidak akan merasa sakit bila diduduki walaupun tipis.

Karpet Turki

Karpet Turki merupakan salah satu karpet yang banyak dicari. Karpet masjid Jakarta pun banyak yang memilih karpet ini. Bahkan dari saking populernya karpet ini, setiap toko jual karpet tersedia karpet jenis ini.

Tampilan warna dan coraknya yang menarik khas Turki membuat karpet ini cocok sekali untuk diletakkan di masjid-masjid, khususnya masjid di Jakarta yang jamaahnya lumayan banyak. Kenyamanan beribadah pasti akan didapat karena kualitas karpet ini   tidak main-main, langsung diimpor dari negara Turki.

Karpet Meteran

Karpet ini bisa dikatakan karpet yang biasanya digunakan masjid kebanyakan. Sehingga untuk mengetahui seperti apa bentuk dan teksturnya Anda bisa mengunjungi masjid terdekat di rumah Anda.

Motif dan coraknya lumayan beragam dengan berbagai macam warna yang menarik. Sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera. Karpet ini biasanya diobras di setiap ujungnya, tapi ada juga yang tidak. Karena ada sebagian masjid yang menggunakan karpet meteran disambung di setiap baris.

Karpet masjid jakarta, juga ada yang menggunakan karpet meteran sebagai alas. Karena karpet ini terbilang cukup mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif murah juga. Mengenai jenis bahan dan ketebalannya bervariasi, sehingga untuk harga tepatnya, menyesuaikan dengan jenis bahan dan ketebalan karpet meteran.

Karpet Printing

Pembuatan karpet printing menggunakan tekhnik pemintalan benang, sehingga karpet jenis ini cukup mudah proses produksinya dari pada jenis karpet yang lainnya. Untuk motifnya, karpet ini menggunakan tekhnik print. Itulah mengapa karpet jenis ini disebut karpet printing.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan karpet printing sama dengan karpet imperial yaitu dari benang nylon. Jadi, sudah tidak diragukan lagi bagaimana keempukan karpet ini saat ditempati. Dari aspek ketebalan, jenis karpet ini juga menawarkan ketebalan yang beragam.

Macam-macam jenis karpet di atas, memang sudah biasa digunakan alas ibadah di masjid. Karpet masjid Jakarta juga banyak yang menggunakan jenis karpet diatas.

 

 

 

 

You may also like