Mengenal Nama Besar Dibalik Pesantren Nurul Firdaus Ciamis

by Tigin Pesa
Nama Besar Dibalik Pesantren Nurul Firdaus Ciamis

Pondok pesantren Nurul Firdaus, pondok pesantren yang mulai naik daun dan menjadi salah satu pesantren terbaik di Jawa Barat. Dibalik kesuksesan suatu lembaga selalu ada nama seseorang yang telah menjungjungnya. Lalu siapakah dia yang menaikkan nama dan ketenaran pondok pesantren ini. Simak artikel ini dan kenali dia.

Pendiri Pondok pesantren Nurul firdaus

Nama Dr. Gumilar, S.PD,MM., CH., CHt., PNNLP tidak akan asing ditelinga para kepala sekolah dan pemimpin lembaga pendidikan Jawa Barat. Gumilar yang dilahirkan di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, Ciamis Jawa Barat pada tanggal 5 Juli 1971 ini memiliki mental yang kuat dalam mencapai impiannya.

Dengan tekad dan niat yang kuat dan berbekal “Tanbih”, warisan ide pemikiran dari abah sepuh, sebagai pedomannya dia berusaha keras dan memulai langkah pertama untuk mendirikan pondok pesantren ini pada tahun 2000. Namun impiannya baru bisa terwujud pada tahun 2009, setelah dia merampungkan pendidikan doktor Ilmu Administrasi Pendidikan di universitas pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada tahun 2008.

Setelah berhasil mendirikan pondok pesantren Nurul Firdaus dan menjadikannya sebagai pesantren terbaik di Jawa Barat,Gumilar tidak berhenti untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan. Berbekal keinginan untuk bisa membantu anak muda jaman sekarang yang harus menjalani kehidupan sehari-hari dengan penuh resiko dari keberadaan internet dan pergaulan bebas.

Pada tahun 2011, Gumilar memutuskan untuk mempelajari Hypnosis dan hypnotherapy di Indonesian School of hypnosis & Hypnoteraphy dan Indonesia Board hypnosis (IBH). Menghasilkan 3 gelar tambahan untuk Gumilar, gelar CH (certified Hypnotist), dan CHt ( certified hypnotherapist) dan pNNLP (practitioner Neo Neuro Linguistic Programming).

Kemampuan hypnosis dan hypno therapist inilah yang saat ini menjadi sorotan media. Gumilar dan beberapa terapist lainnya berhasil menyembuhkan sejumlah pasien penyakit kejiwaan, stress, penyakit mental dan juga melakukan rehabilitasi mental. Pasien yang datangpun bisa dari kalangan manapun dan juga dari kota manapun.

Gumilar adalah sosok yang kulot dan terus berusaha untuk menjadi yang lebih baik. Gumilar juga telah menerbitkan beberapa buku yang bisa menjadi rekomendasi bacaan anda. Buku tersebut adalah: Islam no?! Indonesia No?! (terbit tahun 2008); Nikmati Proses (terbit tahun (2008); dan sepuluh menit menyusun skripsi, tesis, dan disertasi (terbit tahun 2009).

Saat ini Gumilar adalah ketua pondok pesantren Nurul Firdaus. Sebagai seorang pengajar, jabatan yang dia miliki tidak menutup keinginan dia untuk mengajar dan terjun langsung ke lapangan dalam memanajemen pondok pesantren.

Syaikh Abdullah Mubarok

Pasti anda berpikir siapa dia? Apa dia yang menbuat ponpes Nurul Firdaus menjadi salah satu pesantren terbaik di Jawa Barat?Syaikh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad atau yang lebih dikenal sebagai Abah Sepuh memang tidak memiliki campur tangan secara langsung dengan berdirinya pondok pesantren Nurul Firdaus. Namun dia adalah seseorang yang menjadi panutan dan inspirasi dari Gumilar.

Selama masa hidupnya, Abah sepuh menunjukkan sifat seseorang yang memiliki tekad yang kuat dan mental baja. Keinginan kuatnya untuk mendarmabaktikan ilmunya ke tengah-tengah masyarakat tidak berhenti pada satu titik. Begitu pula ketika dia telah menjadi seorang pemimpin dan mengasuh pengajian pada tahun 1890, beliau tidak pernah berhenti untuk belajar dan mendalami ilmu tarekat.

Dia tetap mengajar dan akhirnya resmi diangkat sebagai guru pada tahun 1908 di umurnya yang mencapai 72 tahun.Pada saat itu beliau mulai memimpin pondok Pesantren Suryalaya pada tahun 1904 hingga akhir hayatnya. Segala keberhasilan yang dia capai diperoleh melalui perjuangan yang panjang dan keras.

Di akhir hayatnya dia dikenal sebagai guru Mursyid Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah.Beliau wafat pada tahun 1956 dalam usia 120 tahun. Kegigihan dan kecintaanya dalam belajar dan mengajarkan ilmu agama adalah inpirasi bagi banyak orang. Tak terkecuali Gumilar.Keinginannya untuk membina umat agar selalu melaksanakan segala perintah Allah SWTdan meninggalkan larangannya menjadi warisan yang disebut sebagai “Tanbih”.

Demikian artikel ini saya tulis tanpa ada niatan untuk terlalu memuji atau menjatuhkan seseorang, karena dari apa yang saya baca dan temukan kedua nama besar yang tersebut diatas telah memberikan dasar yang cukup kuat sebagai fondasi pondok pesantren Nurul Firdaus. Saya harap informasi ini akan menginspirasi anda untuk tetap berusaha menjadi yang lebih baik.

You may also like