Mau Membeli Rumah di Jakarta Timur ? Simak Tipsnya !

by cs_hardiayan
Rumah di Jakarta Timur

Tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan mendasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan rumah dapat dikatakan sebagai tempat untuk berlindung dan tempat untuk beristirahat. Dengan semakin melambungnya harga tanah, maka membeli rumah yang dijual di Jakarta Timur pun semakin sulit. Untuk itu, pemerintah memberikan program untuk subsidi rumah melalui KPR. Namun, anda pun juga perlu cermat untuk memilihnya. Berikut 6 hal yang harus anda pertimbangkan.

Tips Ketika Memilih Rumah Dijual di Jakarta Timur

1. Hunian yang Memiliki Banyak Aktifitas Luar Ruangan

Pastikan untuk mempunyai fasilitas yang lengkap dan juga memadai. Hal satu ini tentu saja sangat wajib untuk anda pertimbangkan, terutama ketika anda akan menempatinya dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, fasilitas merupakan hal yang penting di dalam memilih hunian yang nyaman bagi keluarga anda.

2. Memiliki Hunian dengan Saluran Pembuangan Limbah Sistematis

Bagi warga Jakarta, banjir merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Untuk itu, anda pun bisa mengakalinya dengan memilih hunian yang bebas banjir. Oleh sebab itu, sebelum membeli rumah maka anda pun perlu untuk mengetahui sistem drainasenya. Selain itu, anda pun juga perlu memastikan bahwa perumahan dan juga lingkungan sekitar anda tinggal juga memiliki saluran air limbah.

3. Dengan Mengecek Lokasi yang Rawan Banjir

Selanjutnya, anda pun juga bisa untuk mengecek lokasi perumahan tempat anda nantinya tinggal. Dimana anda bisa mencari tahu apakah lokasi tersebut rawan banjur atau tidak. Anda bisa mencari informasi tersebut berdasarkan saudara atau teman yang tinggal di daerah tersebut. Atau di jaman yang serba canggih ini, maka anda juga bisa untuk mencari tahu melalui internet dan juga media sosial. Dengan cara ini, maka anda akan bisa mengetahui tentang lokasi tersebut.

4. Memiliki Sanitasi yang Terintegrasi

Sebelum anda memilih rumah dengan sistem KPR, maka anda pun juga perlu untuk mengetahui dan melihat keadaan yang sekitar. Untuk aturan umumnya, septic tank haruslah memiliki jarak yakni sekitar 14 meter dari sumur. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya bakteri yang masuk ke sumber air rumah tangga anda. Sehingga anda pun juga perlu memperhatikan hal ini, meskipun terkesan hal yang remeh dan juga sepele.

5. Dengan Memastikan Bahwa Aliran Air Dapat Berjalan Dengan Lancar

Hal lain yang juga perlu untuk menjadi pertimbangan di dalam memilih rumah dengan KPR adalah aliran air yang tersedia. Untuk itu, anda pun perlu untuk memastikan bahwa aliran air di kawasan perumahan yang anda beli haruslah lancar. Hal ini bertujuan agar nantinya aliran air untuk ke kamar mandi dapat berjalan dengan baik dan tidak mengalami rembes. Hal ini tentu saja akan membuat anda menjadi tidak nyaman di kemudian hari.

6. Dengan Memperhatikan Infrastruktur Lingkungan

Anda pun juga perlu memperhatikan bahwa rumah di Jakarta Timur yang akan anda beli tidak rawan banjir. Hal ini tidak cukup dengan percaya pada brosur, melainkan anda harus meninjau secara langsung dan bertanya dengan orang terdekat. Pastikan anda juga perlu melihat perencanaan infrastuktur permukiman, apakah telah terintegrasi ke seluruh akses atau belum. Sehingga anda bisa mengecek jalur menuju lokasi tersebut.

Dengan memperhatikan hal hal tersebut sebelum membeli rumah, maka nantinya akan menimbulkan kenyamanan tersendiri bagi penghuninya. Meskipun terkesan sepele dan simpel, sehingga jarang menjadi perhatian orang. Namun, hal terkait sanitasi dan air merupakan hal yang perlu anda beri perhatian lebih ketika anda ingin membeli rumah dengan sistem KPR.

You may also like