Strategi Marketing yang Tepat untuk Bisnis Anda

by cs_hardiayan
Strategi Marketing yang Tepat

Dalam menjalankan sebuah bisnis, memikirkan strategi pemasaran online adalah hal yang sangat penting untuk dipikirkan. Bagian dari menjalankan bisnis yang sukses adalah membuatnya tumbuh. Nah, untuk mengembangkan bisnis agar tumbuh sebagaimana yang Anda harapkan adalah merencanakan strategi pemasaran yang tepat.

Pemasaran adalah cara Anda terhubung dengan individu yang mungkin menjadi pelanggan atau klien dan mencakup metode seperti program afiliasi, buletin, pameran dagang, situs web, brosur, iklan, dan banyak lagi. Berikut adalah strategi pemasaran yang menarik untuk Anda terapkan pada bisnis Anda.

Tips Pemasaran Online pada Sebuah Bisnis

Panduan pertama untuk memasarkan bisnis Anda secara online adalah menentukan saluran pemasaran Anda. Pilihlah saluran pemasaran yang tepat untuk menjalankan strategi pemasaran Anda. Ini adalah salah satu langkah terpenting dalam strategi pemasaran Anda.

Anda perlu memilih saluran pemasaran yang sesuai dengan merek dan produk Anda. Berikut adalah beberapa saluran pemasaran utama dan fitur terbaiknya.

  1. Media sosial

Media sosial adalah bagian penting dari setiap strategi pemasaran digital dan tentunya ada banyak hal yang dapat Anda lakukan. Ada banyak platform dan strategi yang dapat Anda gunakan dan penting untuk memilih saluran yang tepat untuk bisnis Anda.

Berikut ini pengelompokan beberapa saluran terbaik yang dapat digunakan untuk berbagai jenis perusahaan:

  1. Untuk produk eCommerce visual – gunakan Instagram dan Pinterest, TikTok, Facebook, Snapchat, dan Twitter
  2. Untuk perusahaan B2B (Bisnis-ke-bisnis) – gunakan LinkedIn, Instagram, ProductHunt, dan Angellist
  3. Untuk perusahaan B2C (Business to Consumer) – gunakan Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest
  4. Untuk perusahaan dengan konten tertulis – gunakan Medium, Quora, dan Reddit
  5. Untuk perusahaan yang berfokus pada GenZ – fokus pada Instagram, Snapchat, dan TikTok

 

  1. Iklan sosial (Ads)

Iklan menjadi semakin populer di platform media sosial karena perubahan algoritme terkini terus mendukung iklan dan mengurangi jangkauan organik. Ya, begitulah cara platform sosial menghasilkan uang sehingga Anda harus menggunakan iklan untuk pemasaran online bisnis Anda.

Pinterest, Facebook, dan Instagram adalah platform paling populer untuk beriklan. Untuk B2B Anda bisa menggunakan Quora, Reddit atau LinkedIn.

  1. Gunakan Pemasaran Influencer

Bekerja dengan influencer adalah salah satu trik pemasaran paling menguntungkan yang bisa Anda lakukan. Studi menunjukkan bahwa bisnis menghasilkan peningkatan jumlah follower dan penjualan ketika bekerjasama dengan influencer untuk mengendorse dan mempromosikan produk bisnis.

49% konsumen bergantung pada rekomendasi influencer untuk keputusan pembelian mereka. Itu berarti bahwa rata-rata sekitar setengah dari orang akan mencari postingan influencer sehingga penting bagi orang-orang ini untuk merekomendasikan produk Anda secara online.

Apabila pemasaran online Anda dengan trik-trik di atas terbukti berhasil dan penjualan Anda bertambah banyak, jangan lupa untuk tetap melakukan pembukuan dengan baik! Anda bisa mengunduh aplikasi pembukuan  bernama “BukuKas” untuk memudahkan keuangan bisnis Anda. Ayo, unduh aplikasi gratis ini segera!

You may also like