Beragam Destinasi Unggulan di Empat Provinsi Pulau Jawa, Cocok Buat Long Weekend!

by cs_hardiayan
Hutan Bambu Keputih

Saat ada kesempatan, liburan, traveling atau jalan-jalan merupakan kegiatan yang seru untuk dilakukan. Dan beruntungnya, pada akhir Oktober 2020 ini ada long weekend untuk memperingati Maulid Nabi yang berlangsung pada Kamis sampai Minggu tanggal 29 Oktober-1 November 2020.

Bagi kamu yang selama ini terus menerus bekerja, long weekend ini bisa jadi pelipur lara tersendiri ya. Libur panjang selama beberapa hari enaknya pergi ke provinsi terkenal di Pulau Jawa. Tidak perlu berlama-lama, berikut ini adalah rekomendasi top destinasi wisata di berbagai provinsi di Pulau Jawa.

  1. Jawa Timur

Berlokasi di bagian timur Pulau Jawa, Jawa Timur menawarkan segudang destinasi wisata unggulan. Wilayah yang memiliki ibu kota di Surabaya ini sudah lama terkenal menawarkan banyak wisata yang eksotis. Ada banyak sekali contohnya. Misalnya saja, yang belakangan ini menyita perhatian adalah Batu dengan Jawa Timur (Jatim Park) Park 1, 2, dan 3.

Jember terkenal dengan Taman Nasional Meru Betiri. Tidak mau kalah dari wilayah Jawa Timur lainnya, Banyuwangi juga memiliki segudang wisata dengan panorama istimewa. Sebut saja Kawah Ijen, Taman Nasional Alas Purwo, Blue Bay, dan masih banyak lagi lainnya. Ada pula Gunung Semeru dan Gunung Bromo yang istimewa yang berlokasi dua wilayah, Malang dan Lumajang.

   2. Jawa Tengah

Jawa Tengah juga memiliki banyak sekali kota dengan destinasi wisata topnya. Wilayah yang memiliki lagu daerah Gambang Suling ini tidak kalah istimewa di provinsi Jawa Timur. Contoh wisata yang banyak dikunjungi adalah Lawang Seru dan Kota Lama di Semarang. Candi Borobudur yang berada di Magelang.

Di Solo ada Kampung Batik Laweyan yang jadi jujukan utama saat orang-orang jelajah ke kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini. Satu lagi yang dikira merupakan wilayah di luar jawa yakni Taman Nasional Karimunjawa yang berada di Jepara, kota kelahiran ibu Kartini.

3. Jawa Barat

Jawa Barat, wilayah yang kebanyakan dihuni oleh suku Sunda ini juga memiliki segudang tempat wisata hits. Salah satu yang paling banyak diminati adalah Bandung dengan Kawah Putih, Jalan Braga, Kawasan Ranca Upas, Floating Market, Lembang, dan lain-lain. Di Bogor ada kawasan Puncak yang kerap kali macet total saat liburan panjang. Ditambah lagi dengan  Kebun Raya Bogor dengan keasriannya.

   4. DI Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga menjadi incaran para wisatawan. Baik itu makanannya, destinasi wisata alamnya, dan lain-lain. Untuk landmark dari Jogja tentu saja Tugu Jogja, Malioboro, Keraton Jogja, Pasar Beringharjo, dan masih banyak lagi lainnya.

Sementara untuk makanan, gudeg hampir selalu ada di berbagai wilayah Jogja. Mulai dari Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul, Kotagede, semuanya menawarkan gudeg. Selain itu masih banyak lagi kuliner istimewa lain, termasuk sate klathak, mie ayam tumini, mangut lele, dan lain sebagainya.

Provinsi di Jawa mana yang paling menggiurkan menurutmu? Di mana pun itu, kamu bisa pesan bus untuk long weekend. Baik solo traveling atau bersama dengan keluarga, memesan bus sekarang sudah semakin mudah lewat aplikasi booking tiket online seperti halnya Traveloka.

Pilihan mitra atau partner bus sudah sangat banyak. Mulai dari Pahala Kencana, Lorena, Damri, Primajasa, Agra Mas, Rapi, Menggala, Titian Mas, dan masih banyak lagi lainnya. Tinggal sesuaikan saja, destinasi yang dituju dengan bus yang bisa mengantarkanmu ke tempat tujuan.

Bila tak menemukan rute langsung menuju destinasi yang dituju, tenang saja. Traveloka baru saja meluncurkan fitur barunya bernama bus lanjutan, yang menghubungkan berbagai rute bus untuk membawa penumpang ke tujuan yang tidak dapat dicapai oleh satu bus. Menarik, bukan?

Eits, ingat juga ya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan saat kamu bepergian ke mana pun!

 

 

 

 

You may also like