Penyebab Sariawan di Lidah dan Cara Mengatasinya

by Tigin Pesa
Penyebab Sariawan di Lidah dan Cara Mengatasinya

Rasa perih dan nyeri akibat sariawan bisa mengganggu siapa saja, entah itu anak-anak maupun orang dewasa. Sariawan menjadi salah satu kondisi yang tidak boleh diremehkan dan harus segera diatasi supaya tidak berdampak jangka panjang.

Penyebab Sariawan di Lidah

Umumnya, sariawan di lidah berupa selaput yang terlihat seperti luka. Dengan warna oranye, kuning, ataupun putih, kamu tetap harus berhati-hati karena bisa jadi keadaan tersebut disebabkan oleh efek kondisi medis tertentu.

Meskipun sedang tidak mengalami sariawan, kamu juga harus tahu berbagai penyebab umumnya dalam kehidupan sehari-hari.

1.      Luka karena tergigit

Daerah mulut yang kering menjadi sebuah tanda bahwa kamu sedang mengalami dehidrasi. Mulut, lidah, maupun rongga mulut kering ini menjadikannya rentah tergigit, pecah-pecah, dan menimbulkan luka.

Selain itu, lidah bisa tidak sengaja terluka akibat mengunyah makanan yang terlalu terburu-buru dan malah tergigit. Tidak jarang, kamu juga menemui orang-orang yang justru senang menggigit-gigit lidah sendiri sampai iritasi menjadi sariawan.

2.      Pemasangan behel

Masalah ini mungkin sudah umum dialami oleh orang-orang yang baru saja memasang behel. Biasanya, terjadi gesekan menentu antara kawat behel dengan pipi, bibir, gusi, hingga lidah sekalipun.

Oleh sebab itu, sariawan pada masa-masa ini tidak bisa dihindari. Pikirkan juga bahwa pemasangan atau perawatan behel yang kurang tepat dan tidak menyesuaikan prosedur hanya meningkatkan risiko terkena sariawan.

3.      Makan makanan asam, pedas, dan berminyak

Terjadinya iritasi pada lidah dan jaringan lunak mulut bisa disebabkan oleh makanan yang berciri khas asam, pedas, maupun berminyak secara berlebihan atau salah konsumsi.

Sebenarnya, buah yang sifatnya asam tidak menimbulkan sariawan secara langsung. Sariawan bisa terjadi akibat tekanan buah asam terhadap jaringan lidah yang terbuka.

4.      Kurangnya asupan vitamin dan mineral

Sariawan juga bisa terjadi karena kurangnya asupan nutrisi vitamin B12, vitamin C, zat besi, kalsium, seng, dan asam folat. Bahkan, sariawan bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh membutuhkan beragam senyawa yang lebih bergizi.

5.      Sistem imunitas yang terganggu

Menurunnya kemampuan sistem pertahanan tubuh dalam melawan serangan bakteri, jamur, dan virus menjadi salah satu alasan mengapa kamu bisa terserang sariawan.

Kondisi ini menjadi semakin parah karena pertumbuhan jamur Candida albicans yang semakin meluas. Sebenarnya, jamur ini termasuk flora normal yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun, apabila ada sistem tubuh yang terganggu, jamur ini bisa berkembang secara tidak terkendali.

6.      Sedang menjalani perawatan kanker

Terapi kanker berupa radiasi dan kemoterapi memang memiliki efek samping membunuh sel-sel tubuh yang sehat. Sistem daya tahan tubuh yang menurun menjadi penyebab oral thrush atau sariawan pada lidah.

7.      Terjadi perubahan hormon

Peningkatan jumlah hormon progesteron bisa menyebabkan munculnya sariawan. Maka, tidak heran kalau kondisi ini didominasi oleh perempuan akibat kehamilan, menstruasi, atau menopause karena naiknya kadar progesteron dalam tubuh.

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah

Setelah memahami berbagai penyebab munculnya sariawan, tentu kamu juga perlu mengetahui solusi paling tepat untuk meredakan keadaan lidah secara signifikan.

  • Mengompreskan es batu pada lidah
  • Menggosok gigi dua kali sehari
  • Kumur-kumur dengan air garam
  • Lakukan pembatasan konsumsi gula maupun produk dengan komposisi ragi
  • Minum air putih dalam jumlah cukup, paling tidak 8 gelas sehari
  • Gunakan obat sariawan yang aman dan nyaman

Kini, kamu bisa melakukan pencegahan maupun langkah-langkah mengatasi sariawan secara lebih efektif. Atasi sariawan menggunakan Aloclair, obat sariawan aman dan berbahan alami yang bisa digunakan oleh bayi, anak-anak, maupun orang dewasa.

 

 

You may also like