Apa Itu Torsi Apa? Ketahui Ini Bedanya Dengan Tenaga Kerja

by Tigin Pesa
Apa Itu Torsi Pada Kendaraan

Mungkin beberapa dari orang masih akan bertanya tanya mengenai torsi ini. Sebab masih ada yang belum paham betul mengenai apa itu torsi.

Saat kita sedang membeli sebuah kendaraan bermotor kita akan diberikan sebuah buku berisi spesifikasi yang dimiliki kendaraan tersebut. Pasti anda akan menemukan tulisan torsi dengan tenaga kerja.

Anda harus memperhatikan spesifikasi torsi dan tenaga kerja secara teliti. Biasanya setiap negara memiliki satuan yang berbeda beda, karakter mesin dirancang untuk sebuah kebutuhan tertentu.

Kebutuhan tertentu itu bisa berupa untuk efisiensi pada bahan bakar atau yang lainnya. Berikut ulasan mengenai torsi yang perlu anda simak untuk menambah pengetahuan anda.

Apa Itu Torsi Pada Kendaraan?

Pengertian dari Torsi merupakan sebuah gaya dorong yang dihasilkan dari tenaga sebuah mesin.

Panjang gagang atau jarak dapat mempengaruhi torsi didalam kunci ring. Untuk membuat mur semakin ringan saat diputar dibutuhkan gagang yang semakin panjang juga, agar seseorang lebih ringan dalam memutarnya.

Pada torsi pada silinder sangat dipengaruhi oleh panjang langkah. Dimana torsi yang dihasilkan semakin besar saat saat panjang langkah menjadi lebih panjang. Sebuah tenaga akan berhubungan dengan sebuah kecepatan, dimana sebuah kendaraan melaju dengan cepat juga akan membutuhkan tenaga yang semakin besar juga.

Hubungan Torsi Dengan Tenaga

Hasil murni kinerja sebuah mesin menghasilkan besaran sebuah tenaga, sedangkan dengan girboks dapat memanipulasi naik turunnya sebuah torsi itu sendiri.

Dimana ada sebuah gigi rasio dengan angka 3.0 dengan perbandingan besarnya sebuah torsi yaitu 50 pounds feet. Dengan ini akan menghasilkan torsi sebesar 150 pounds feet, atau setara dengan tiga kali lipat sebuah torsi pada awal tadi.

Hal ini akan menggambarkan torsi berada pada puncak, sehingga hal ini mempengaruhi kemampuan maksimal pada saat akselerasi. Hal inilah yang sering dirasakan oleh kebanyakan pengemudi saat menginjak gas, dan tubuh otomatis terdorong ke belakang atau semakin terdorong ke sandaran kursi.

Didalam sebuah transmisi CVT dimana akan mengatur secara konstan gigi rasio agar selalu menjaga tenaga pada puncaknya. Sehingga hal ini membuat semuanya berakselerasi dengan cepat daripada manual. Dibutuhkan sebuah perbandingan gigi rasio yang lebih agresif dengan tenaga mesin guna menghasilkan akselerasi yang lebih garang.

Maka dapat disimpulkan yaitu waktu akselerasi akan menjadi lebih singkat apabila adanya dampak dari besarnya sebuah tenaga pada kendaraan yang digunakan saat itu.

Perbedaan Dari Torsi Dengan Tenaga

Pengertian dari torsi adalah momen atau gaya putar yang dihasilkan oleh mesin, dimana biasanya torsi ini berkaitan dengan akselerasi.

Sementara untuk tenaga ini berkaitan dengan putaran mesin dan berkaitan dengan kecepatan. Nah lalu apa sih perbedaan dari torsi dengan tenaga kendaraan? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Rumus Pencarian Torsi Dan Tenaga Yang Berbeda

Rumus untuk mencari torsi dan mencari tenaga ini berbeda. Dimana rumus untuk mencari torsi kendaraan ini didapatkan dari perkalian antara gaya dan juga jarak. Sementara untuk rumus mencari tenaga diperoleh dari perkalian torsi dengan rpm. Hal ini berarti saat melakukan sebuah gaya, maka kita akan menghasilkan nilai tertentu yang disebut dengan kecepatan.

Perbedaan Satuan

Perbedaan dari torsi dan tenaga selanjutnya adalah satuan yang berbeda. Dimana satuan yang menunjukkan torsi ini biasanya menggunakan Newton, sementara untuk satuan yang menunjukan tenaga menggunakan HP atau Horsepower.

Setiap Mobil Tidak Sama Antara Besaran Torsi Dan Tenaga

Perbedaan selanjutnya dari torsi dengan tenaga adalah tidak semua jenis mobil mempunyai besaran yang sama terhadap torsi dan juga tenaga nya. Nah untuk anda yang ingin mencari mobil balap, tentu saja mobil akan membutuhkan tenaga yang besar supaya bisa menghasilkan kecepatan yang tinggi juga.

Sementara jika anda sedang mencari mobil niaga, maka anda harus memperhatikan torsi maksimal yang bisa dihasilkan sebab torsi ini akan mampu mendukung mobil agar bisa melaju walaupun membawa muatan yang besar.

Nah itulah pengertian dari torsi dan juga apa bedanya torsi dengan tenaga kerja dari mobil. Semoga bisa bermanfaat.

 

You may also like