Persyaratan Umum untuk Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

by Tigin Pesa
Persyaratan Umum untuk Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Persyaratan Umum untuk Mengajukan Pinjaman Modal Usaha – Bank merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Berbagai hal yan berhubungan dengan keuangan dapat dilayani oleh Bank. Kehadiran Bank dapat membantu setiap orang yang membutuhkan terutama yang memiliki uang dengan nominal besar.

Di sana uang tersebut dapat disimpan dengan aman dan teratur menggunakan sistem khusus. Anda tak perlu lagi terlalu risau jika memiliki uang yang cukup besar karena Anda bisa mengamankannya di Bank. Selain melayani penyimpanan uang, Bank juga dapat melayani pinjaman untuk berbagai kebutuhan terutama untuk modal usaha.

Hampir setiap Bank baik yang bergerak secara online maupun tidak memiliki persyaratan umum untuk memberikan pinjaman modal tersebut. Contohnya saja pada situs gopinjol.com. Pada situs ini terdapat berbagai informasi mengenai pinjaman tersebut tak terkecuali mengenai persyaratannya.

Untuk mendapatkan modal tersebut Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan umum seperti berikut ini.

Menyediakan KTP

Untuk bisa mengajukan sebuah pinjaman terutama untuk modal usaha maka Anda harus melampirkan persyaratan berupa dokumen pribadi. Dokumen pribadi yang paling utama ialah fotokopi KTP. Selain itu, ada pula yang mengharuskan untuk melampirkan fotocopy, KTP istri atau suami Anda sebagai bukti pinjaman diketahui oleh keduanya.

Lain halnya jika Anda mengajukan pinjaman modal usaha dengan jaminannya maka Anda harus melampirkan surat-surat keterangan dari harta yang dijaminkan. Pastinya untuk bisa mendapatkan modal usaha ini Anda diwajibkan untuk memberikan dokumen pribadi yaitu KTP. Hal ini akan memudahkan pengecekan dan pemeriksaan dari pihak Bank.

Fotocopy Buku Nikah

Buku nikah pastinya dimiliki oleh nasabah yang sudah melangsungkan pernikahan dan masih berstatus istri atau suami yang sah. Buku nikah ini harus di copy dan dijadikan lampiran persyaratan saat mengajukan pinjaman. Pada gopinjol.com Anda bisa menemukan beberapa Bank Indonesia yang menjadikan buku nikah ini sebagai bagian dari persyaratan tersebut.

Fotocopy Kartu Keluarga

Kartu keluarga dapat menjadi penjamin dan persyaratan untuk pengajuan pinjaman ini. Dari sana pihak Bank bisa melihat berapa jumlah saudara atau keluarganya, serta latar belakang keluarganya. Hal ini tentu akan mempermudah dalam meyakinkan persetujuan pinjaman sebelum dilakukan survei langsung.

Slip Gaji

Syarat yang tak kalah penting untuk bisa mengajukan sebuah pinjaman modal usaha ialah penghasilan tetap. Hal ini bisa menjadi penjamin bahwa pinjaman dapat dibayar tepat waktu dan lunas. Untuk itu, bukti slip gaji harus Anda lampirkan pada setiap pengajuan pinjaman untuk modal usaha tersebut.

Fotocopy Buku Tabungan

Buku tabungan digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan Anda yang mengajukan pinjaman. Dari buku tabungan ini pihak Bank dapat memeriksa bagaimana penggunaan uang dari tabungan yang dimilikinya serta berapa sisa saldo tabungannya. Jika memenuhi kriteria yang dibutuhkan maka pinjaman kemungkinan akan disetujui.

Bukti Tanggungan atau Cicilan

Persyaratan yang umum dibutuhkan ialah bukti pelunasan terhadap tanggungan atau cicilan yang pernah diajukan. Jika Anda masih berada dalam tenor dari cicilan tersebut dan belum dilunasi maka kemungkinan pinjaman tidak akan disetujui. Sebab, bisa saja Anda akan merasa keberatan untuk membayar cicilan pinjaman modal karena cicilan lain belum selesai.

Demikianlah beberapa persyaratan umum untuk mengajukan pinjaman modal untuk usaha baik di Bank online maupun Bank biasa. Beberapa Bank sering memiliki persyaratan lain yang lebih spesifik dan bergantung pada kebijakan perusahaan. Anda bisa mendapatkan informasi lain mengenai pinjaman tersebut dengan mengakses gopinjol.com.

 

 

You may also like