Buku Psikologi Terbaik Sepanjang Masa Wajib Kamu Baca

by Tigin Pesa
Buku Psikologi Terbaik Sepanjang Masa Wajib Kamu Baca

Psikologi merupakan cabang ilmu yang masih menjadi misteri dengan penelusuran mengenai pikiran manusia yang begitu rumit. Namun, didalamnya terdapat unsur yang menarik karena adanya teka-teki yag perlu dipecahkan. Hal yang berkaitan dengan pola pikir, mental, emosional, bahkan perilaku manusia sekalipun tidak dapat dikontrol secara pasti oleh orang lain.

Bahkan gangguan pada kesehatan mental pun seakan-akan tidak memiliki sebab akibat yang pasti namun memberikan pengaruh yang begitu besar dalam kehidupan seseorang. Terdapat beberapa buku bacaan yang mampu membuka lembaran baru dalam hidup kita sebagai manusia untuk terus menggali kebenaran terkait dengan psikis diri sendiri.

 

Buku Psikologi Terbaik Sepanjang Masa

Berikut merupakan beberapa buku psikologi terbaik yang patut Anda baca untuk menambah pengetahuan mengenai dunia psikologi, diantaranya :

 

1. The Invisible Gorilla

Buku ini memiliki judul yang begitu beda dari buku-buku psikologi lainnya. Namun, dibalik judul tersebut terdapat makna yang mendalam dan merupakan sumber untuk membangunkan diri sendiri. Buku tersebut menjelaskan bahwa cara pandang manusia terhadap dunia yang seadanya akan menjadikan seseorang tersebut melewatkan hal-hal menarik dalam hidupnya.

Buku ini menerangkan hal yang berkaitan dengan persepsi, ingatan, dan penalaran seseorang serta mengungkapkan intuisi seseorang yang seringkali membawanya dalam permasalahan yang tak berujung. Sehingga dalam hal ini pembaca akan memperoleh ilmu baru mengenai seseorang yang memilih untuk undur diri dari ilusinya bahkan mengenai diri kita yang memberikan semangat pada diri sendiri.

 

2. The Happiness Hypothesis

Dalam buku ini berisikan tentang seseorang yang memang harus memahami adanya kebahagiaan dalam diri. Karena kebahagiaan tidak selalu berkaitan dengan kepuasan yang akan dirasakan oleh diri sendiri. Namun, kebahagiaan karena kebahagian orang lain pun termasuk dalam kebahagiaan yang harus disadari oleh manusia.

Buku ini memberikan wawasan ilmu bahwa seseorang mampu mendapatkan kebahagiaannya dengan jalannya sendiri. Dengan kata dalam kalimat yang disusun secara apik dan sederhana pada buku ini mampu menyampaikan maksud dan inti bacaan dari sang penulis.

 

3. Influence : The Psychology of Persuasion

Buku ini berisikan tentang proses seseorang dalam memberikan persetujuan dan memahami maksud dari orang lain. Tidak hanya itu, dalam buku ini juga dituliskan bagaimana pertahanan dalam diri manusia terhadap ajakan atau persuasi dari orang lain.

Dengan kata lain, buku tersebut memberikan gambaran bagaimana seseorang dalam bersikap ketika terdapat pengaruh dari luar dirinya.

 

4. Thinking Fast and Slow

Dalam buku ini menjelaskan sistem pendorong yang memaksa kita untuk untuk melakukan proses berpikir. Sistem tersebut adalah berpikir secara cepat namun dengan adanya emosional dan intuitif. Sedangkan yang kedua adalah sistem berpikir yang lambat namun logis.

Kedua hal tersebut merupakan jalan yang salah satunya harus diambil dalam mengambil keputusan. Ketika dalam keadaan darurat hal apa yang perlu dilakukan oleh seseorang untuk menentukan pilihannya. Maka dari itu, buku tersebut sangat berguna bagi Anda untuk menambah pengetahuan sekaligus membuka jalan pikiran untuk menghasilkan suatu keputusan.

 

5. Authentic Happines

Buku tersebut menjelaskan mengenai kekuatan dari kebahagiaan yang dirasakan oleh diri kita sendiri. Kebahagiaan yang kuat dan benar-benar nyata merupakan kebahagiaan yang kita fokuskan pada kekuatan yang ada dalam diri bukannya kelemahan yang ada dalam diri.

Sehingga buku tersebut mengajarkan arti kebahagiaan yang sesungguhnya dalam kehidupan nyata. Kebahagiaan yang didasarkan pada kekuatan hingga tidak terdapat unsur keterpaksaan didalamnya.

 

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai buku psikologi yang recommended dan patut Anda baca. Dalam hal bacaan terdapat beberapa buku psikologi dengan beragam manfaat seperti memberikan motivasi, meningkatkan pengembangan diri, maupun buku psikologi fiksi yang dapat dijadikan sebagai buku bacaan ringan. Selaat membaca dan bersenang-senang.

You may also like