Apa Sih Fungsi Pendaftaran Merek Dagang

by Tigin Pesa
Fungsi Pendaftaran Merek Dagang

Merek pada dasarnya bisa berupa kata atau simbol, maupun desain yang digunakan seseorang maupun perusahaan dengan tujuan untuk membedakan produk yang dimiliki dengan produk lain di pasaran.

Apabila Anda lihat di sekitar Anda, ada begitu banyak contoh merek yang dapat Anda temukan. Bahkan, di dalam rumah Anda saja pasti Anda bisa temukan puluhan merek dari berbagai produk kebutuhan rumah tangga dan sehari-hari.

Apabila Anda memiliki bisnis atau produk tertentu, Anda barangkali masih bertanya-tanya mengapa Anda perlu mendaftarkan merek. Selain ada banyak manfaat pendaftaran merek yang bisa Anda rasakan, merek juga memiliki beberapa fungsi utama yang membuatnya memainkan peran vital dalam bisnis. Lantas, apa sebenarnya fungsi dari merek bisnis atau dagang?

4 Fungsi Utama Merek dalam Bisnis

1. Sebagai tanda pengenal. Apabila Anda amati di pasaran, tentu Anda bisa temukan beragam jenis kategori barang. Dan dalam masing-masing kategori, ada begitu banyak merek yang tersedia.

Sebagai contoh untuk produk sampo, ada merek A, merek B, sampai merek ABCD.
Adanya merek ini lantas menunjukkan bahwa merek menjalankan fungsi sebagai tanda pengenal atau identitas sebuah produk. Tujuannya tentu untuk membedakan produk tersebut dengan produk lain dalam kategori sama di pasaran.

Karena alasan inilah merek lantas perlu didaftarkan agar mendapatkan perlindungan dari payung hukum. Apabila Anda mendaftarkan merek produk yang Anda jual, Anda pun akan mendapatkan hak eksklusif, dan salah satunya adalah hak untuk menggunakan merek tersebut. Lebih jauh lagi, orang lain pun tak bisa menggunakan merek tersebut untuk produk mereka.

2. Sebagai alat promosi. Karena merek menjadi sebuah nama dan identitas unik dari sebuah produk, adanya merek ini pun akan sangat membantu para pelaku bisnis dalam mempromosikan bisnis dan produknya.

Di samping itu, karena merek adalah nama unik yang hanya boleh dimiliki oleh pemegang merek terdaftar dan sah, Anda pun akan lebih mudah membuat masyarakat mengingat produk Anda.

Sebagai contoh, ada banyak merek cokelat di pasaran seperti Silver Queen, Delfi, Cadbury, Hersey’s, dan Toblerone. Dengan perbedaan merek tersebut, masing-masing perusahaan pun bisa dengan lebih mudah mempromosikan produknya untuk diingat masyarakat dengan lebih mudah.

3. Sebagai jaminan kualitas. Tak hanya membedakan produk satu dengan produk lain dalam kategori yang sama, merek bahkan juga bisa menunjukkan kualitas. Dan tak jarang, merek yang berkualitas baik tersebut pun digunakan sebagai acuan standar di masyarakat sebagai kualitas yang bagus, dan merek yang kualitas buruk juga dianggap sebagai standar untuk kualitas produk yang jelek.

Oleh karena itu, apabila Anda memiliki produk dengan kualitas yang sudah teruji dan terjamin, segera daftarkan dan rasakan manfaat pendaftaran merek tersebut. Dengan begitu, masyarakat tak hanya akan bisa mengenali produk Anda dengan lebih mudah, tapi juga menjadikan merek Anda sebagai acuan standar kualitas yang baik.

4. Sebagai penunjuk atau identifikasi suatu produk barang maupun jasa. Dan pada akhirnya, merek membantu masyarakat dalam mengidentifikasi produk – baik itu barang maupun jasa – yang mereka temukan di pasaran.

Hal ini lantas akan membantu mereka dalam membuat keputusan pembelian. Jika mereka mampu mengidentifikasi merek Anda sebagai merek yang mereka anggap berkualitas baik dan memuaskan, tentu kemungkinan mereka membeli produk Anda juga lebih tinggi.

Nah, itulah 4 fungsi utama dari sebuah merek di dalam dunia usaha. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

You may also like