Persyaratan Registrasi Hak Cipta dengan konsultan hki terdaftar di Indonesia

by Tigin Pesa
Hak Cipta

Hak kekayaan Intelektual (HKI) ialah hak hukum yang jamin jika seorang penemu/pembuat bisa mendapatkan hak-haknya secara terbatas baik secara materiel atau imateriel atas kreasi yang dibuat. HKI merujuk pada dua hal pada umumnya, yakni hak cipta dan hak punya industri.

Kesempatan ini, kita akan membahas masalah mekanisme registrasi HKI berbentuk hak cipta. Ini penting sebab tanpa register hak cipta ke tubuh hukum sah, sampai kapan saja kreasi Anda akan dipandang seperti property umum dan bisa dipakai atau diperbanyak seenaknya tiada ketentuan yang pasti, hingga Anda ahirnya akan tidak untung secara materiel dan imateriel.

Lalu apa mekanisme yang perlu Anda menempuh untuk mendaftar hak cipta atas kreasi Anda dengan Konsultan HKI terdaftar? Baca penjelasan berikut.

1. Mendaftarkan di Kantor Daerah Departemen Hukum dan HAM
Prosuder yang pertama ialah dengan konservatif, yakni tiba langsung ke kantor daerah Depertemen Hukum dan HAM yang dikenal juga dengan kependekan “Kanwil Depkumham” di semasing ibukota propinsi. Selaku contoh, jika Anda tinggal di Sukabumi, Jawa barat, karena itu Anda harus tiba ke Kanwil Depkumham di Kota Bandung.

2. Mendaftarkan secara Daring
Sekarang ini Ditjen Hak Kekayaan Intelektual sudah memudahkan proses registrasi hak cipta dengan sediakan portal register daring atau online, langkah ini ditanggung aman dan cepat sebab Anda langsung akan disambungkan dengan Ditjen Hak Kekayaan Intelektual pusat.

3. Menggunakan Layanan Konselor konsultan hki terdaftar
Untuk Anda yang tidak ingin ribet, pakai saja layanan konselor HKI yang paling dipercaya. Walau perlu mengambil kantong sedikit lebih dalam, ini lebih efektif dan ringkas sebab registrasi Anda akan diurusi oleh pakar yang telah eksper di bagian pendataan kekayaan Intelektual. Kecuali mengirit waktu, lewat lajur ini Anda pun akan memperoleh advokasi sekitar hak kekayaan Intelektual, dan perlindungan hukum jika satu waktu berlangsung permasalahan yang terkait dengan hak cipta Anda.

Persyaratan Registrasi Hak Cipta

Pendaftar HKI harus penuhi syarat-syarat yang dibikin oleh Departemen Hukum dan Ham. Di bawah ini ialah beberapa persyaratan umum yang perlu Anda melengkapi waktu lakukan registrasi:

Nama, posisi kewarganegaraan, dan alamat komplet pendaftar
Nama, posisi kewarganegaraan, dan alamat komplet pemegang hak cipta
Judul kreasi
Waktu dan posisi kreasi dipublikasikan untuk pertamanya kali
Paparan kreasi dengan singkat
Sample kreasi yang didaftarkan (pola lengkpanya bisa Anda dapatkan di situs situs Ditjen HKI)
Dokumen yang Harus Diperlengkapi
Untuk mendaftar hak cipta atas nama perseorangan, Anda perlu lengkapi beberapa dokumen yang terdiri dari:

Surat kuasa diberi tanda tangan di atas materai 6000
Surat pengakuan orisinalitas kreasi
NPWP
Sample kreasi
Bila Anda mendaftar hak cipta atas nama perusahaan, berikut beberapa dokumen tambahan yang perlu diperlengkapi:

Surat peralihan hak (dari pembikin kreasi ke pemegang hak cipta)
NPWP perusahaan
Akte perusahaan
Foto copy identitas pemohon dan pembuat kreasi (KTP)
Demikian penjelasan berkenaan mekanisme registrasi hak cipta di Indonesia. Penting diingat jika registrasi HKI dapat memerlukan waktu sampai setahun lebih sebab proses pengecekan yang detil dan lengkap. Karena itu dibutuhkan kesabaran untuk menanti. Tetapi hal itu ditanggung sebanding dengan faedah yang dibuat, apa lagi hak cipta mempunyai masa aktif sampai 50 tahun sesudah sang pembuat meninggal dunia. Periode waktu itu tentunya akan memberikan keuntungan Anda secara materiel dan imateriel.

Pilihan Registrasi Hak Cipta
Berdasar paparan di atas, registrasi hak cipta di Indonesia bisa dikerjakan oleh pembuat sendiri atau faksi yang lain dikasih kuasa.

Mendaftarkan lewat Kanwil
Kantor Daerah Departemen Hukum dan HAM (Kanwil Depkumham) cuman ada di ibukota propinsi. Dengan begitu, faksi yang ada di luar daerah ibukota propinsi harus bertandang ke langsung Kanwil Depkuham di provinsinya.

Mendaftarkan lewat Layanan Konselor
Langkah yang lain lebih gampang dengan lewat layanan konselor. Dengan bayar ongkos layanan pada konselor yang diputuskan, proses permintaan Hak Cipta bisa dikerjakan lebih ringkas dan efektif.

Mendaftarkan lewat Situs Online
Mengikut perubahan dunia digital, mendaftar hak cipta melalui E-Hak Cipta dapat jadi pilihan terhebat. Registrasi bisa dikerjakan lanngsung ke situs sah DKJI di sini.

You may also like