Cara Mudah Mencari Kontrakan Bulanan Jakarta Selatan

by Tigin Pesa
Cara Mudah Mencari Kontrakan Bulanan Jakarta Selatan

Rumah kontrakan merupakan hunian yang disewa atau ditempati dalam kurun waktu tertentu. Biasanya pasangan muda-mudi atau karyawan yang memilih tempat tinggal jenis ini. Rumah kontrakan pada umumnya terletak di area perkotaan hingga pinggiran kota. Penyewa kontrakan memanfaatkannya sebagai alternatif hunian sementara yang tak jauh dari tempat kerja. Nah, berikut ini akan diberikan beberapa cara mudah mencari kontrakan bulanan Jakarta Selatan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Menentukan Lokasi Hunian Yang Hendak Dituju

Biaya sewa rumah kontrakan di Jakarta Timur berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 1,7 juta perbulan. Harga tersebut berlaku untuk tipe rumah kontrakan dengan 1 kamar seluas 50 meter persegi.

Sementara di Jakarta Selatan, seperti di kawasan Cipete dan Pasar Minggu, rumah kontrakan dengan tipe yang sama berkisar mulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 1,7 juta perbulan. Untuk tipe paling murah hanya berupa kamar saja, sementara yang paling mahal merupakan tipe rumah susun yang terletak di kawasan Tebet.

Berdasarkan dua lokasi tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa dalam mencari rumah kontrakan, lokasi serta tipe merupakan faktor penentu utama. Selain itu, kamar yang disewakan untuk wanita atau pria yang belum berkeluarga akan jauh lebih murah dibandingkan kamar untuk pasangan yang sudah berkeluarga.

Selain mempertimbangkan tiga hal di atas, lokasi daerah atau kota juga termasuk dalam faktor penentu harga sewa. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan harga sewa di Kota Jakarta, daerah pinggiran Jakarta, maupun kota-kota lainnya.

2. Melakukan Survey Lokasi

Setelah mengetahui lokasi mana yang hendak dituju sebagai hunian, langkah selanjutnya adalah melakukan survey dengan mendatangi lokasi tersebut. Hal ini merupakan salah satu cara yang penting.

Sebab, dengan mendatangi lokasi secara langsung, seseorang dapat memperkirakan jarak tempuh dari tempat tersebut ke kantor, sekolah, atau fasilitas umum lainnya. Selain itu juga guna memastikan kelayakan hunian yang akan disewa.

3. Membandingkan Harga

Guna memantapkan pilihan, lakukanlah perbandingan antara harga sewa kontrakan bulanan Jakarta Selatan dengan harga sewa apartemen Jakarta Selatan yang tidak kalah murah. Biasanya untuk beberapa kasus, terdapat selisih harga yang tidak jauh berbeda antara apartemen dengan rumah kontrakan biasa.

Dan juga buatlah list atau daftar beberapa rumah kontrakan dan urutkan sesuai harganya. Mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Sehingga dapat lebih memudahkan dalam menentukan pilihan.

4. Faktor Keamanan

Mencari kontrakan dengan harga yang murah tidak lantai mengabaikan faktor keamanan. Carilah lokasi kontrakan yang aman dan memiliki penjagaan keamanan yang baik. Selain itu akan menjadi nilai tambah apabila kontrakan tersebut dekat dari kantor.

Tak menjadi masalah apabila melakukan riset kecil mengenai rumah kontrakan tersebut melalui internet. Atau juga dapat bertanya kepada warga sekitar mengenai keamanan sehari-hari. Terutama apabila memiliki kendaraan baik motor maupun mobil.

Pastikan kemudahan akses keluar masuk kendaraan serta keamanannya. Sebaiknya akses menuju rumah hanya terdiri dari sistem pengamanan satu pintu saja.

5. Fasilitas Yang Ditawarkan

Beberapa fasilitas termasuk diantaranya ketersediaan air harus dijadikan dasar pertimbangan. Sebaiknya pilihlah kontrakan yang sudah menyediakan air layak konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, beberapa fasilitas lain seperti toilet, tempat jemuran, ventilasi udara yang memadai, dan juga keamanan serta kenyamanan privasi selama berada di kontrakan.

Nah, itulah beberapa cara mudah mencari kontrakan bulanan Jakarta Selatan. Memang tak menjadi masalah apabila melakukan riset dari jarak jauh, seperti komunikasi lewat telepon. Namun, akan lebih baik lagi apabila riset dilakukan secara langsung guna memastikan keamanan dan kelayakan lokasi kontrakan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

You may also like