Cara Cek Serial Number iPhone Asli Terbaru

by Tigin Pesa
Cara Cek Serial Number iPhone Asli Terbaru

iPhone menjadi produk Apple yang sangat diminati oleh masyarakat dunia, sekalipun punya harga tinggi namun pembelinya selalu antri. Sebagai produk yang sangat diminati dan seringkali untuk mendapatkannya seri tertentu susah dan kadang arus ikut PO yang cukup lama.

Maka ada sejumlah pihak yang kemudian memproduksi replikanya, secara fisik memang terlihat sama persis dengan iPhone asli. Namun, jika berencana memiliki iPhone asli maka perlu menghindarinya. Ada banyak cara bisa dilakukan untuk mengetahui perangkat iPhone tersebut asli atau replika. Salah satunya dengan cek serial number iPhone asli atau nomor IMEI iPhone.

 

Cara Cek Serial Number iPhone Asli

erial number sering pula disebut dengan istilah IMEI yang merupakan kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Secara sederhana, IMEI atau serial number ini merupakan kode produksi yang ditemukan pada setiap perangkat smartphone. Termasuk juga iPhone.

Sebagai kode produksi, praktis satu iPhone dengan iPhone yang lain meskipun satu tipe akan memiliki nomor IMEI yang sama. Nomor IMEI ini kemudian menjadi salah satu petunjuk untuk mengetahui keaslian iPhone yang ingin dibeli. Dilansir dari situs support.apple.com yang merupakan situs resmi dari Apple dan carisinyal.com dijelaskan mengenai beberapa cara cek serial number iPhone asli. Berikut pilihan caranya:

1. Sistem di iPhone

Cara pertama untuk mengecek IMEI di perangkat iPhone adalah dengan mengandalkan sistem di perangkat iPhone itu sendiri. Caranya mudah, cukup masuk ke menu Pengaturan > Umum > Mengenai > cari menu Nomor Seri. Pada Nomor Seri inilah akan didapatkan detail deretan angka dan huruf yang  merupakan nomor seri iPhone.

2. Melalui Tempat Kartu SIM

Opsional berikutnya untuk cek serial number iPhone asli adalah dengan melihat atau memeriksa tempat kartu SIM. Jadi, silahkan buka tempat kartu SIM dan periksa detail kode yang tertera di tempat atau wadah kartu SIM tersebut. Memang ukuran hurufnya akan sangat kecil, namun dijamin akan terlihat sangat jelas.

3. Melalui Finder dan iTunes

Melalui Finder dan juga iTunes maka calon pengguna perangkat iPhone bisa mengecek nomor IMEI. iTunes sendiri merupakan software resmi milik Apple yang berfungsi sebagai pengisi musik atau lagu ke perangkat Apple, termasuk iPhone tadi.

Cara mengeceknya adalah masuk ke menu Library setelah perangkat dihubungkan ke komputer yang sudah terinstal iTunes di dalamnya. Dalam sekejap sistem akan menampilkan data dari perangkat iPhone yang terhubung ke komputer. Disinilah bisa ditemukan nomor IMEI dari iphone tersebut.

4. Bagian Body Belakang iPhone

Pada beberapa seri iPhone, seperti iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan seri tertentu lainnya nomor IMEI tercetak di bagian body belakang. Yakni tepat di bawah logo Apple di belakang perangkat. Jadi, untuk cek serial number iPhone asli cukup melihat desain belakang bodynya, dan nomor seri atau IMEI pun terlihat jelas.

5. Melalui Kode Dial Khusus

Langkah mudah berikutnya untuk mengecek serial number di perangkat iPhone adalah dengan memakai kode dial khusus. Cukup masuk ke menu telepon atau panggilan, kemudian dial kode *#06#. Maka oleh sistem akan menampilkan deretan kode nomor IMEI.

6. Melalui Situs appleid.apple.com

Opsional berikutnya adalah mengecek ke situs resmi Apple yakni di appleid.apple.com. Silahkan masuk atau login menggunakan ID Apple yang digunakan untuk mengakses perangkat iPhone. Lalu, gulir ke bagian bawah dari halaman yang ditampilkan di layar. Maka akan menemukan deretan angka dan itulah nomor IMEI iPhone

 

Memastikan iPhone yang dibeli memang asli, maka perlu mengecek nomor IMEI-nya. Pilihan cek serial number iPhone asli sudah dijelaskan di atas, silahkan  mencoba salah satunya untuk melakukan pengecekan.

Sumber: https://teknokuys.com/cek-garansi-airpods/

You may also like