Inilah Hal yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi Mobil Autocillin Syariah

by Tigin Pesa
Inilah Hal yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi Mobil Autocillin Syariah

Kehadiran asuransi mobil syariah tentu membuatnya berbeda dengan asuransi mobil konvensional. Ada banyak sisi yang dapat dilihat dari perbedaan antara syariah dengan konvensional. Adira sebagai salah satu penyedia layanan asuransi telah menghadirkan asuransi mobil autocillin syariah yang mengusung konsep syariah. Asuransi tersebut sangat cocok untuk Anda yang mencari proteksi untuk kendaraan Anda dengan prinsip syariah.

Bagi Anda yang sudah mengikuti program asuransi syariah Adira ini, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana proses pengajuan klaim pada layanan ini. Pada dasarnya proses pengajuan dan klaim di Adira Syariah cukup sederhana. Nasabah hanya perlu mengisi formulir laporan klaim yang tersedia dan melengkapi dokumen yang diperlukan. Selanjutnya pihak tim Adira akan melakukan analisa lebih lanjut klaim yang diajukan dengan kondisi pertanggungan yang dimiliki. Hal utama yang wajib dipastikan adalah kerugian yang dialami dijamin dalam polis.

Untuk asuransi kendaraan bermotor seperti mobil, berikut ini adalah beberapa jenis kerugian yang mungkin dialami

–        Kerugian Sebagian

Kerugian sebagian atas pertanggungan yang diasuransikan nilainya di bawah 75% dari harga pertanggungan. Adanya kerugian tersebut dapat disebabkan karena kehilangan atau tabrakan atau oleh kejadian lain yang masuk dalam jaminan pertanggungan.

–        Kerugian Total

Kerugian total adalah kerugian secara keseluruhan atas pertanggungan yang diasuransikan di mana kerugian yang dialami mencapai 75% dari harga pertanggungan. Penyebab kerugian tersebut antara lain adalah kehilangan atau tabrakan atau kejadian lain sesuai dengan jaminan asuransi

Jika sudah melengkapi dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan polis masing – masing produk yang dimiliki, sebaiknya segera ajukan proses klaim. Berikut ini adalah langkah-langkah pengajuan klaim yang dapat Anda lakukan

–        Melapor Klaim

Pelaporan klaim dapat dilakukan dengan mengunjungi langsung kantor Asuransi Adira terdekat di kota Anda, menelepon Adira Care, atau melapor via situs resmi Adira. Bagi pengguna Asuransi Mobil Autocillin Syariah dapat melapor via Autocilin Mobile Claim.

–        Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen yang lengkap menjadi syarat penting agar klaim yang diajukan disetujui oleh pihak Autocilin Syariah. Pastikan Anda menyiapkan dokumen asuransi sesuai dengan produk, sertakan form klaim sesuai dengan produk yang sudah diisi. Setelah dokumen siap, serahkan dokumen asuransi dan formulir klaim ke Adira. Jangan lupa untuk menyertakan foto-foto yang diambil sesaat pasca kejadian yang menampilkan kerugian yang terjadi pada kendaraan Anda

–        Survei dan Analisa Klaim

Beberapa klaim yang diajukan kadang memerlukan proses survei mengenai objek pertanggungan. Hal tersebut bertujuan agar pihak asuransi dapat mengetahui dengan jelas penyebab terjadinya kerugian dan menjadi proses untuk melakukan estimasi kerugian total yang dialami

–        Hasil Analisa dan Penilaian

Setelah dokumen dan hasil survei dianalisis secara keseluruhan, tim klaim dari Adira akan memberikan penilaian terhadap pengajuan klaim.

–        Penggantian Klaim

Pada tahap ini pihak Adira akan memberikan penggantian kerugian sesuai jenis kerugian yang dialami oleh nasabah

Untuk semua jenis klaim yang diajukan, nasabah sebaiknya menuliskan kronologi kejadiannya dalam formulir laporan kerugian untuk diberikan kepada petugas asuransi Adira. Pastikan Anda menandatangani formulir tersebut. Dokumen pendukung yang diperlukan untuk asuransi kendaraan bermotor antara lain adalah fotokopi SIM yang masih berlaku, fotokopi STNK yang masih berlaku, dan dokumen pendukung lain sesuai dengan kerugian yang dialami.

Asuransi Mobil Autocillin Syariah dari Adira dapat menjadi solusi yang tepat bagi masyarakat Indonesia yang mencari asuransi mobil syariah terpercaya. Ada beberapa paket asuransi mobil yang dapat dipilih sesuai dengan jenis tanggungan yang akan diberikan saat pengajuan klaim. Pelajari masing – masing jenis asuransi tersebut untuk mendapatkan paket asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ada hal – hal yang masih membingungkan atau membuat Anda ragu-ragu, jangan sungkan untuk bertanya kepada pihak Autocilin Syariah sehingga semuanya benar-benar jelas sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan asuransi tersebut.

Adira telah memiliki pengalaman bertahun-tahun sebagai penyedia berbagai produk asuransi, termasuk asuransi berbasis syariah. Autocilin Ikhlas adalah produk asuransi syariah dari Adira bagi siapa saja yang ingin memberikan proteksi terhadap risiko yang mungkin terjadi pada mobil di masa depan tanpa riba atau hal-hal yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

You may also like