7 Alasan Penting Kenapa Harus Ganti Oli Mobil Secara Rutin

Memiliki kendaraan jenis dan merek apapun tentu ada kebutuhan dan kewajiban untuk melakukan perawatan secara rutin. Selain service berkala, pemilik kendaraan seperti mobil juga wajib ganti oli dengan rutin. Meskipun terkesan merepotkan akan tetapi langkah ini penting untuk dilakukan. 

Untuk penggantian oli, agar lebih hemat biaya Anda bisa booking dahulu di bengkel terpercaya lewat  aplikasi bengkel mobil. Lalu, kira-kira kenapa harus ganti oli mobil secara rutin? Berikut penjelasannya.

Oli Mobil dan Fungsinya 

Oli mobil secara umum adalah cairan di dalam mesin kendaraan yang berperan sebagai pelumas komponen mesin agar meminimalisir gesekan dengan komponen lainnya. Ketika mesin mobil menyala dan kemudian melaju di jalanan maka komponen di seluruh mesin mobil akan aktif bergerak kemudian bergesekan satu sama lain. 

Gesekan ini akan menciptakan benturan sehingga lambat laun permukaan komponen akan aus dan perlu segera diganti. Supaya proses aus ini lebih lama maka komponen perlu diberi pelumas sehingga gesekan bisa diredam. Jadi, fungsi utama oli mobil adalah meredam gesekan antar komponen bukan mencegah gesekan tersebut. 

Tak hanya itu saja, pemilik mobil yang paham alasan kenapa harus ganti oli mobil bisa merawat mobil dengan baik. Sehingga tidak mudah rusak, karena komponen terlindung dengan maksimal. Selain itu, oli mobil juga berperan sebagai penstabil suhu, sehingga suhu di mesin mobil tetap stabil ketika melaju untuk menurunkan resiko overheat

Kenapa Harus Ganti Oli Mobil? 

Supaya fungsi oli mobil seperti penjelasan di atas bisa terjaga, maka oli mobil perlu diganti secara berkala. Pasalnya seiring berjalannya waktu tingkat kekentalan oli menurun dan fungsinya pun mengalami penurunan. Oleh sebab itu per 1.000 kilometer jarak yang ditempuh mobil wajib ganti oli. 

Namun, jika masih bertanya-tanya kenapa harus ganti oli mobil berkala per 1.000 kilometer atau per tiga bulan sekali. Sebab memang cenderung merepotkan sekaligus boros, karena oli sendiri ada harga yang harus dibayar. Rupanya ada banyak alasan yang menyertai kewajiban tersebut, berikut beberapa diantaranya: 

1. Mesin Mobil Lebih Bersih 

Alasan pertama kenapa oli mobil perlu diganti berkala adalah untuk menjadikan mesin mobil lebih bersih. Oli yang melumasi seluruh komponen akan memaksimalkan sistem pembakaran. Sekaligus mencegah endapan debu dan kotoran apapun mengendap di sekitar permukaan komponen. Sehingga bersih dan terawat. 

2. Komponen (Sparepart) Lebih Awet

Sebagaimana yang dijelaskan di awal, kualitas oli seiring masa pemakaian akan terus menurun sehingga mempengaruhi fungsinya sebagai pelumas. Jika pemilik mobil rutin ganti oli maka fungsi terjaga dan komponen mesin terlindungi. Masa pakai komponen lebih lama dan menghemat biaya penggantian komponen. 

3. Tarikan Gas Lebih Enteng 

Alasan ketiga kenapa harus ganti oli mobil secara disiplin adalah membantu tarikan gas lebih enteng. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Pasalnya oli yang berfungsi dengan baik mencegah endapan kotoran pada komponen mesin. Sehingga komponen bekerja maksimal dan tarikan gas lebih enteng. Jika kotor, maka komponen perlu bekerja keras dan tarikan gas semakin berat. 

4. Performa Mesin Terjaga 

Ganti oli berkala ternyata juga membantu menjaga performa mesin, sehingga tetap bandel meskipun masa pakainya sudah lama. Sebab mesin terawat dengan baik dan kinerjanya masih maksimal. Diajak menempuh perjalanan jauh maupun melintasi kondisi jalan yang kurang bagus pun dijamin baik-baik saja. 

5. Membantu Mengurangi Polusi 

Oli berkualitas akan memaksimalkan proses pembakaran, sehingga mencegah adanya endapan berlebih dari sisa pembakaran. Sekaligus menurunkan emisi gas buang yang membuat udara tercemar. Sehingga alasan kenapa harus ganti oli mobil secara rutin adalah membantu mengurangi polusi udara. 

6. Menghemat Pemakaian BBM 

Komponen mesin yang dilumasi dengan baik oleh oli mobil akan memaksimalkan proses pembakaran. Sekaligus memaksimalkan kinerja mesin, sehingga bisa menurunkan pemakaian BBM. Tanpa disadari, rutin ganti oli membantu semua hal tersebut terjadi sehingga BBM semakin efisien dan biaya operasional semakin hemat. 

7. Suara Mesin Mobil Lebih Halus 

Oli mobil yang mampu melumasi permukaan komponen mesin yang saling bergesekan ikut meredam suara mesin. Sehingga ganti oli secara berkala efektif menjadikan suara mesin mobil lebih halus. Sebaliknya, jika jarang ganti oli  maka suara mesin cenderung kasar dan  semakin lama semakin  berisik. 

Tanda-Tanda Harus Segera Ganti Oli 

Setelah mengetahui betul seluruh alasan kenapa harus ganti oli mobil secara teratur. Maka pahami juga waktu terbaik untuk ganti oli, sebab selain memperhatikan jarak tempuh. Mesin mobil juga sering menunjukan tanda-tanda waktunya ganti oli. Seperti: 

  • Warna dan tekstur oli berubah, dari kental menjadi encer dan dari kuning bening menjadi kehitaman. 
  • Mesin terasa kasar, sehingga saat melaju cenderung tidak halus seperti biasanya. 
  • Tanda peringatan menyala, pada mobil jenis tertentu terdapat fitur tanda peringatan ganti oli dan jika menyala maka waktunya sudah tiba. 

Dari penjelasan mengenai kenapa harus ganti oli mobil secara teratur di atas, maka bisa dipahami dengan baik arti pentingnya. Sebab memang fungsi oli sangat krusial, tak hanya menunjang masa pakai dan performa mobil. Akan tetapi juga menjamin keselamatan penggunanya. Jadi, jangan malas ganti oli. 

Leave a Comment