Aplikasi Chatbot dan Keuntunganya untuk Bisnis di Indonesia

Chatbot mulai populer di Indonesia sejak awal abad ke-21. Chatbot adalah konvergensi antara Artificial Intelligence (AI) dan Natural Language Programming (NLP)

Salah satu keunggulan yang menonjol dari chatbot adalah kemampuannya untuk melayani berbagai keperluan. Chatbots juga sangat berguna di dunia bisnis online. Misalnya, chatbots telah terintegrasi di situs media sosial, seperti Facebook Messanger, Whatsapp dan Telegram.

Bot pintar ini juga digunakan di situs belanja ritel untuk menyediakan layanan belanja online, seperti pembayaran, pengiriman, dan menjawab pertanyaan customer.

Dalam penerapanya teknologi chatbot dapat diintegrasikan ke berbagai perangkat dan situs web.

 

Prinsip Dasar Chatbot

Chatbot diprogram untuk mensimulasikan percakapan manusia, mereka memiliki kemampuan untuk memahami bahasa natural manusia. Bot ini dapat menanggapi pertanyaan dan pernyataan yang telah ditentukan berdasarkan program yang telah dirancang.

Ada banyak jenis program chatbot dengan berbagai tingkat kecanggihan. Beberapa chatbot memiliki kemampuan AI tingkat lanjut, sementara yang lain hanya serangkaian pernyataan jika-maka / IF-THEN (jika ini maka lakukan itu). Penting untuk memahami jenis chatbot apa yang sesuai untuk kebutuhan anda sebelum mempekerjakan seorang professional untuk membangun chatbot.

 

Manfaat Chatbot untuk Bisnis

Chatbots dapat digunakan untuk memberikan customer experience yang luar biasa. Bot tanya jawab   ini memungkinkan bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka dengan cara yang lebih personal dan nyaman. Chatbots juga dapat diprogram untuk menjawab pertanyaan umum atau membantu pelanggan menemukan produk di toko online anda.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa  didapatkan dari Chatbot;

  1. Customer Service

Chatbots sangat bermanfaat untuk layanan pelanggan karena mereka dapat memproses banyak pertanyaan dengan cepat dan akurat.

Selain itu, chatbots dapat memberikan layanan pelanggan sepanjang waktu tanpa perlu istirahat. Chatbots juga mengurangi biaya layanan pelanggan karena biaya sumber daya manusia dapat dikurangi.

  1. Business Development

Chatbot membantu bisnis menghemat waktu dan uang karena mereka dapat mengotomatiskan tugas-tugas rutin.

Chatbots juga meningkatkan efisiensi proses bisnis perusahaan. Karena bot pintar ini dapat berintegrasi ke berbagai situs web dan perangkat untuk meningkatkan jangkauan bisnis.

  1. Knowledge Management

Chatbots mampu memberikan edukasi kepada customer untuk berbagai macam produk yang ada di perusahaan anda dengan menggunakan kecanggihan Artificial Intelligence (AI). Chatbot akan dapat memberikan informasi tentang fitur produk, harga dan proses pengiriman.

  1. Customer Retention

Chatbots dapat menyediakan layanan pelanggan sepanjang waktu dan dalam berbagai macam bahasa. Chatbots juga dapat membantu pelanggan menemukan informasi dengan mudah dan cepat. Hal ini dapat mengurangi stres dan frustrasi pelanggan.

Selain itu, chatbots dapat menyediakan layanan pelanggan yang dipersonalisasi. Misalnya, chatbots dapat memberikan informasi khusus kepada pelanggan berdasarkan kebutuhan mereka.

  1. Marketing

Chatbots mampu mengelola berbagai tugas marketing. Misalnya, chatbots dapat digunakan untuk membuat kampanye iklan baru. Chatbots dapat menganalisis preferensi dan minat pelanggan untuk menyediakan iklan tertarget.

 

Chatbotika, Chatbot Platform Buatan Indonesia

Chatbotika merupakan sebuah chatbot platform yang di buat oleh Botika, sebuah Indonesian tech company yang memiliki tujuan sederhana. Mereka ingin membuat platform yang akan menghadirkan kekuatan AI dan machine learning untuk bisnis dari berbagai ukuran dengan harga terjangkau.

Botika percaya bahwa chatbot dapat membantu perusahaan menghemat waktu dan uang serta  terhubung dengan konsumen mereka dengan lebih baik.

Saat ini, Botika telah memiliki pelanggan di dalam maupun luar negri. Perusahaan ini telah berhasil membangun chatbot untuk beberapa perusahaan besar di Indonesia dan membantu mereka menjangkau audiens baru dan mengembangkan bisnis.

Founder Botika terdiri dari orang-orang yang berpengalaman di bidang AI, pengembangan perangkat lunak, dan desain. Selain itu, mereka memiliki sekitar 20 teknisi pendukung yang bekerja sepanjang waktu untuk memastikan bot  ini berjalan dengan lancar.

 

Penutup

Chatbot adalah teknologi terbaru yang memengaruhi bisnis dan konsumen dengan cara yang berbeda. Bisnis bisa memanfaatkan chatbot untuk mengotomatiskan tugas rutin dan meningkatkan efisiensi dan menyediakan layanan pelanggan yang lebih nyaman dan cepat.

Oleh karena itu, ada peluang besar untuk bisnis chatbot di Indonesia saat ini. Proses pembuatan chatbot cukup sederhana, terutama dengan penggunaan platform seperti Chatbotika, yang memungkinkan anda membuat chatbot hanya dalam beberapa jam.

Jadi, tunggu apalagi? sekaranglah saatnya menggunakan chabot untuk meningkatkan bisnis anda.