Cara Memindahkan Lagu dari File ke Pemutar Musik Secara Cepat

Musik menjadi media penyaluran emosi bagi sebagian orang. Media audio ini tak pernah ketinggalan tersimpan dalam handphone yang kemudian didengar lewat pemutar musik. Namun, kendala musik tidak terdeteksi dalam platform ini masih sering terjadi. Kendala yang akhirnya membuat sebagian orang mencari cara memindahkan lagu dari file ke pemutar musik.

Hal seperti ini biasanya dilakukan karena tidak semua lagu dapat secara otomatis akan terdeteksi oleh pemutar musik. Pemindahan file inilah yang kemudian menjadi opsi bagi sebagian orang untuk memindahkan lagu ke folder  pemutar musik. Lalu bagaimana cara memindahkan lagu dari file ke pemutar musik? Simak informasinya berikut ini :

1. Pastikan Pemutar Musik Sudah Diperbarui

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memindahkan lagu ke pemutar musik adalah pastikan bahwa pemutar musik sudah diperbarui. Pemutar musik yang masih menggunakan versi lama bisa menjadi kendala penyebab musik tidak terdeteksi.

Pastikan juga bahwa lagu telah terunduh dengan benar. Perhatikan juga bahwa lagu tidak ada yang mengalami kerusakan. Hal ini dilakukan supaya lagu dapat terdeteksi oleh pemutar musik saat diputar.

2. Masuk ke File Manager

Pengguna bisa langsung menuju ke file manager apabila pemutar musik telah di cek dan tidak memiliki kendala. Silakan masuk ke kartu SD atau penyimpanan internal tempat file lagu disimpan. Buka folder penyimpanan musik yang sebelumnya telah disalin atau di download.

3. Pastikan Musik Dapat di Play

Tahap penting yang tidak boleh terlewat saat sebelum melakukan salin file adalah memastikan keadaan file lagu. Pastikan bahawa lagu-lagu yang akan dipindahkan dapat di play.

Lagu yang dapat diputar dapat ditandai dengan adanya play icon pada file lagu. Cara memastikan lain yang dapat dilakukan adalah coba play terlebih dahulu lagu yang akan disalin. Hal ini dilakukan supaya saat lagu telah tersalin nantinya dapat di play di pemutar musik.

4. Pilih Musik yang Akan Dipindah

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah memastikan bahwa file lagu dapat diputar, pengguna bisa mulai memilih lagu yang akan dipindahkan. Silahkan tekan lama pada lagu yang akan dipindah. Mulai pilih lagu yang akan dipindahkan satu-persatu. Bisa juga lakukan klik icon edit pada sisi kanan atas handphone.

5. Pindahkan ke Folder Musik Bawaan Android

Cara memindahkan lagu dari file ke pemutar musik berikutnya adalah melakukan cut atau pindahkan. Silahkan menuju ke folder musik bawaan handphone untuk kemudian melakukan paste.

Pastikan bahwa semua file yang disalin telah selesai di paste hingga 100 persen. Hal ini dilakukan supaya tidak ada file yang hilang karena belum selesainya proses menyalin yang dilakukan oleh perangkat.

6. Cek Pemutar Musik

Silakan masuk ke aplikasi pemutar  musik yang sudah tersedia di handphone. Cek pemutar musik dan pastikan bahwa lagu sudah berhasil disalin semuanya ke pemutar musik. Lakukan langkah yang sama seperti diatas apabila ada lagu yang masih belum tersalin hingga 100 persen.

Nah, begitulah cara memindahkan lagu dari file ke pemutar musik. Tentunya dengan cara sederhana dan cepat. Catatan yang harus diingat saat akan memindahkan file lagu adalah pastikan bahwa file telah tersalin hingga 100 persen supaya tidak ada lagu yang hilang saat dipindah. Pastikan juga bahwa aplikasi pemutar musik bawaan handphone sudah menggunakan versi terbaru.

Leave a Comment