Bingung Memindahkan Video Ke Google Drive ? Coba Cara Memindahkan Video Ke Google Drive Ini

Menyimpan sebuah kenangan berupa foto serta video pada smartphone maupun perangkat komputer tentu sering dilakukan. Selain itu, Google juga telah menyediakan tempat penyimpanan bagi penggunanya yang telah memiliki akun melalui Google Drive. Tetapi, masih banyak yang bingung bagaimana cara memindahkan video ke Google Drive yang benar.

Google Drive menyediakan kapasitas hingga 15 GB pada setiap akun Gmail secara gratis. Namun, tak jarang ketika telah berhasil menyimpan video maupun berkas lainnya, pengguna lupa letak penyimpanannya. Berikut ini terdapat beragam cara untuk dapat menyimpan sebuah video pada Google Drive secara rapih dan teratur :

Pindahkan Melalui Smartphone

Untuk lebih praktisnya, cara memindahkan video ke Google Drive dapat dilakukan melalui smartphone. Mengingat kapasitas penyimpanan pada smartphone sering penuh, maka video dapat dipindahkan ke Google Drive.

1. Membuka Aplikasi Google Drive

Pengguna dapat memulai dengan membuka aplikasi Google Drive yang tersedia pada setiap smartphone yang digunakan. Apabila pada smartphone belum tersedia, pengguna dapat mengunduh Google Drive melalui Google Play Store.

2. Pilih Tanda (+)

Setelah itu, klik tanda (+) warna-warni yang berada pada bagian kanan bawah layar ponsel. Bagian tersebut berisi pilihan untuk menambahkan jenis berkas yang akan ditambahkan atau pun yang akan dibuat baru.

3. Buat Baru

Pengguna dapat membuat unggahan berkas baru yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, karena dalam fitur ini terdapat beberapa pilihan. Beberapa menu yang tersedia antara lain, folder, upload serta pindai untuk menambahkan berkas yang telah tersedia dan siap untuk unggah serta disimpan. Kemudian ada fitur Google Dokumen, Google Spreadsheet, serta Google Slide untuk membuat dokumen baru secara online maupun online.

4. Pilih Folder Atau Unggah

Pilih folder, jika terdapat lebih dari satu video yang akan diunggah pada Google Drive, beri nama folder sesuai keinginan. Kemudian, pilih unggah, jika hanya terdapat satu video atau pun ingin menyimpan video di luar folder. Namun, pastikan video yang akan diunggah di dalam atau pun di luar folder telah diberi nama file yang mudah untuk ditemukan.

5. Drive Saya

Ketika video telah selesai disimpan pada Google Drive, pengguna bisa melihat video yang telah diunggah pada tampilan Drive saya. Kemudian pengguna dapat mencari berkas yang tersimpan pada kolom bertuliskan Search Drive.

Pindahkan Melalui Laptop atau Perangkat Komputer Lainnya

Selain menggunakan smartphone, memindahkan video pun dapat dilakukan melalui laptop. Bahkan dengan menggunakan perangkat komputer, pengguna lebih leluasa untuk memilih serta memindahkan video.

1. Membuka Software Browser

Buka mesin pencarian yang tersedia pada laptop atau perangkat komputer, seperti Chrome. Selain Chrome, ada juga Firefox, Microsoft Edge, atau pun Opera. Jika pada Chrome, pengguna dapat memasukan kata kunci Google Drive pada kolom pencarian. Apabila ingin lebih mudah, bisa klik pada titik-titik kotak yang berjumlah 9, terletak pada bagian atas sebelah kanan dan pilih Drive.

2. Halaman Utama

Pastikan pengguna telah melakukan login, jika belum, pengguna dapat melakukan login terlebih dahulu. Cara login dengan memasukkan email dan password yang telah terdaftar sebelumnya.

3. Klik (+) Baru

Pada menu di bagian kiri monitor, terdapat tanda (+) yang berwarna, klik (+) baru. Pilih upload folder untuk mengunggah beberapa video dalam satu folder, atau pun upload file untuk mengunggah di luar folder. Terdapat juga menu folder, untuk membuat folder baru secara online di Google Drive.

4. Pilih File

Pilih file video yang akan diunggah atau pun drag and drop video secara langsung dari penyimpanan komputer ke halaman utama pada Google Drive. Cara tersebut dapat disesuaikan dengan jumlah file yang akan diunggah.

Selain lebih praktis, cara memindahkan video ke Google Drive pun dirasa lebih aman, jika dibandingkan dengan menyimpannya pada smartphone atau pun komputer. Karena jikaHal ini dikarenakan perangkat keras, rentan mengalami kerusakan dan hilang, maka cara lainnya yaitu dengan melakukan back up data di Google Drive.

Leave a Comment