Cara Memperbaiki Layar HP Yang Tidak Bisa Disentuh Dengan Cepat dan Tepat

Ponsel merupakan benda buatan manusia yang suatu saat pasti akan mengalami kerusakan. Banyak sekali macam kerusakan pada ponsel, salah satu yang paling sering ditemukan adalah layar tidak dapat disentuh. Pada sebagian kasus, masalah ini sulit untuk ditangani alias harus ganti LCD, namun pada kasus yang lain dapat ditangani jika belum terlalu parah. Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki layar HP yang tidak bisa disentuh:

1. Membersihkan Layar HP

Salah satu penyebab layar HP tidak dapat berfungsi seperti sedia kala adalah layarnya kotor, baik itu terdapat debu ataupun minyak bekas makan gorengan. Jika memang dilihat layarnya kotor, maka segeralah bersihkan terlebih dahulu sampai bersih sehingga layarnya dapat berfungsi kembali. Jika perlu copot terlebih dahulu layar pelindungnya agar dapat dibersihkan secara maksimal.

Ketika membersihkan layar ponsel, pengguna dapat menggunakan tisu basah terlebih dahulu yang digosok-gosokkan untuk menghilangkan kotoran yang sudah membekas. Setelah itu, bersihkan menggunakan tisu yang kering agar layar kembali bersih dan dapat digunakan kembali.

2. Matikan Ponsel Sejenak

Ponsel yang terlalu lama dipakai biasanya suhunya akan panas. Jika HP sudah panas, terkadang layar menjadi macet atau error. Untuk itu penting sekali mematikan HP sejenak agar HP menjadi dingin dan sistemnya kembali normal. Selama HP dimatikan, cobalah untuk meletakannya di lantai agar cepat dingin.

Layar yang tidak bisa disentuh, biasanya terjadi karena terlalu banyak aplikasi yang dibuka secara bersamaan sehingga HP akan mengalami hang akibat sistemnya bekerja terlalu keras. Untuk itu, alangkah lebih baik jika menggunakan HP sewajarnya saja agar menjaga keawetan dari HP yang dimiliki.

3. RAM Penuh

Banyaknya aplikasi yang ada di dalam ponsel akan membuat kinerja dari ponsel menjadi lambat dan layar pun tidak dapat disentuh. Cara memperbaiki layar HP yang tidak bisa disentuh yaitu dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah jarang dipakai. Cara menghapusnya adalah dengan menggunakan aplikasi Clean Master.

Jika tidak ingin mendownload aplikasi Clean Master, dapat memberhentikan aplikasi dengan cara manual yaitu dengan membuka menu setelan untuk memberhentikan atau menonaktifkan aplikasi sehingga RAM tidak lagi penuh dan layar pun dapat berjalan seperti semula lagi.

4. Keringkan HP

HP yang jatuh ke dalam air atau HP yang terkena hujan biasanya akan mati atau layarnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Cara yang paling tepat untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan mengeringkan HP secara keseluruhan. Buka komponen HP yang bisa dilepas kemudian jemur di tempat yang kering.

Sebelum HP dijemur, alangkah lebih baik untuk mengelap HP terlebih dahulu dengan kain yang kering sebelum menjemurnya. Setelah itu, diamkan HP selama kurang lebih 2 hari agar HP dapat istirahat secara total. Barulah HP dihidupkan dan jika masih mati maka bawalah ke  tempat service HP terpercaya.

5. Kalibrasi Layar Sentuh

Menu kalibrasi ini sangat berguna bagi setiap pengguna Android karena dapat membantu mengatasi layar tidak bisa disentuh. Caranya adalah dengan memilih menu kalibrasi kemudian nanti akan muncul blank putih. Setelah itu, akan muncul perintah untuk memencet pada bagian layar tersebut untuk melakukan kalibrasi. Pengguna pun akan diberikan instruksi selanjutnya sampai selesai.

Lima cara memperbaiki layar HP yang tidak bisa disentuh yang telah disajikan di atas dapat dijadikan sebagai acuan jika pengguna mengalami kasus yang sama. Informasi tersebut sengaja dibuat untuk membantu pengguna agar tidak langsung panik jika mendapati layar HP tidak dapat berfungsi dengan baik.

Leave a Comment