Inilah Alasan Penyebab Mengapa WA GB Lambat Menerima Pesan

WhatsApp memiliki tiga versi yang ramai digunakan. Diantaranya ada WhatsApp biasa, WhatsApp Business, dan WhatsApp Mod atau GB WhatsApp. Alasan mengapa WA GB lambat menerima pesan disebabkan oleh penggunaan algoritma dasar WA.

Permasalahan GB WhatsApp lambat menerima pesan terjadi tidak hanya di semua versi WA, akan tetapi terjadi kebanyakan aplikasi chatting online. Jawaban dari pertanyaan kenapa WA GB lambat menerima pesan ada kaitannya dengan jaringan HP, kuota, dan versi aplikasi sendiri. Berikut ini penjelasannya.

1. Koneksi Internet yang Kurang Stabil

Koneksi internet atau jaringan yang terhubung ke Hp yang lambat juga mempengaruhi keterlambatan menerima pesan. Apabila koneksi yang tersambung sedang gangguan atau memang terkendala kualitas jaringan, aplikasi yang berkaitan dengan internet pun juga akan mengalami perlambatan. Mengatasi hal ini, pengguna dapat mengganti kartu dengan provider yang lebih lancar konektivitas internetnya sesuai dengan daerah pengguna.

Saat ini, jaringan 5G sudah mulai masuk ke Indonesia. Meski begitu, penjualan HP dengan sinyal 3G ke bawah masih sering dijumpai. Sinyal yang lambat ini juga yang mengakibatkan pesan lambat diterima. Beberapa versi Android juga sudah mulai ditinggalkan perusahaan startup, termasuk WhatsApp yang tidak dapat beroperasi pada Android 4 ke bawah.

2. Sisa Kuota yang Kurang Memadai

Kuota yang tinggal sedikit juga menjadi penyebab mengapa WA GB lambat menerima pesan. Hal ini karena kelancaran internet pada Hp menjadi terhambat. Pemakaian kuota yang berlebihan dapat menyebabkan kuota cepat habis, sehingga provider membatasi kecepatan sinyalnya. 

Untuk itu, kontrol pemakaian internet dan kuota agar tidak terlalu sering membeli. Bisa juga memilih jaringan yang menyajikan fitur unlimited chatting, sehingga dapat memperlancar komunikasi. Pengguna juga dapat memakai aplikasi yang menyediakan internet tanpa kartu.

3. Tidak Meningkatkan Versi GB WhatsApp Terbaru

Versi WhatsApp yang meningkat beberapa hari sekali bertujuan untuk mengurangi bug atau sistem yang membuat pengiriman pesan lambat. Dengan meningkatkan versi ke yang lebih baru, pengguna bisa menikmati komunikasi lebih lancar. Untuk mendapatkan versi yang baru, pengguna dapat mencari aplikasinya di kebangkitan-nasional.or.id. Biasanya di situs tersebut, aplikasi terus diperbarui sehingga memudahkan pemakaian selanjutnya.

WhatsApp tidak merilis GBWA sebagai aplikasi resmi. Dengan begitu, aplikasi tidak dapat diperbaharui melalui Play Store. Meski tidak resmi, aplikasi tetap aman digunakan dan memiliki fitur yang beragam. Salah satunya, halaman antar muka yang hanya putih dan hijau saja, dapat diganti sesuai keinginan pengguna.

4. Cache Aplikasi yang Menghambat Proses

Aplikasi yang lambat juga disebabkan karena cache yang belum dibersihkan. Cache sendiri biasanya muncul karena banyak hal yang berkaitan dengan pengiriman media. Untuk membersihkan cache bisa dengan cara manual atau menambah aplikasi ketiga.

Penambahan aplikasi bisa dilakukan dengan cara memasang pembersih cache untuk meningkatkan performa Hp. Tidak hanya GBWA, semua aplikasi dapat dibersihkan cache dalam sekali ketuk. Hal ini lebih mudah dilakukan dibandingkan harus menggunakan cara manual.

5. GB WhatsApp Mengalami Gangguan

Meski aplikasi ini adalah aplikasi modifikasi, tapi tidak menutup kemungkinan akan mengalami gangguan seperti WhatsApp resminya. Jika aplikasi ini mengalami gangguan, tentu akan menyebabkan pengguna lebih lambat dalam menerima pesan. Jadi, bukan berarti GB WA tidak berfungsi lagi kemungkinan gangguan inilah yang menjadi penyebabnya.

Demikian penjelasan mengenai mengapa WA GB lambat menerima pesan. Fitur GBWA yang lebih menarik membuat banyak pengguna lebih tertarik menggunakan GBWA daripada versi lainnya. Meski begitu, akan lebih baik lagi jika memakai aplikasi chatting sesuai kebutuhan.

Leave a Comment