Kenali Perbedaan Kondominium dengan Apartemen Sebelum Membeli Apartemen di Situs jual-apartemen.com

Bagi masyarakat yang ingin mempunyai hunian dengan harga yang diperlukan relatif terjangkau, apartemen dan kondominium bisa jadi solusinya. Jenis hunian ini biasanya banyak tersedia pada daerah kota besar atau area perkantoran. Namun, pembeli perlu tahu perbedaan kondominium dengan apartemen sebelum memutuskan untuk membelinya.

Terdapat banyak apartemen atau kondominium yang bisa menjadi pilihan masyarakat dalam memilih jenis hunian terjangkau. Walaupun kondominium dan apartemen memiliki beberapa persamaan yang dilihat dari bentuk fisik, namun tetap saja berbeda. Berikut ini perbedaan yang ada antara apartemen dan kondominium:

1. Biaya

Apabila dilihat dari biaya, perbedaan kondominium dengan apartemen akan terlihat jelas. Apartemen sendiri termasuk hunian yang memiliki harga standar. Harga termasuk biaya sewa pada bulan pertama serta terakhir, dan uang jaminan, lalu pemilik dikenakan biaya tambahan jika membawa hewan peliharaan.

Sedangkan untuk kondominium, harga akan berbeda, tergantung pemilik individu setiap unit yang akan menentukan harga. Tak jarang, pemilik dari kondominium juga perlu memberikan uang jaminan ketika melakukan pembelian hunian tersebut. Namun, untuk pemilik yang membawa hewan peliharaan, tidak akan dikenakan biaya tambahan seperti pada hunian apartemen.

2. Kepemilikan

Kepemilikan bisa menjadi hal utama untuk perbedaan antara apartemen dan kondominium. Kondominium bisa dimiliki oleh pembelinya sendiri, sehingga pembeli akan bertanggung jawab untuk semuanya. Mulai dari pemeliharaan, pajak properti yang dibayar tahunan, serta perbaikan pada tempat tersebut.

Kemudian, untuk apartemen, pemilik tanah merupakan pemilik apartemen tersebut. Selain itu, berarti pemilik tanah masih berkewajiban untuk membayar pajak properti tahunan serta pemeliharaan setiap unit secara rutin. Hal tersebut menjadi kelebihan dari apartemen, penghuni apartemen tak perlu repot untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

3. Fasilitas

Fasilitas yang ada pada kondominium dan apartemen tak akan berbeda jauh. Setiap unit yang ada pada apartemen mempunyai fasilitas yang berbeda. Namun, biasanya penghuni apartemen akan mendapatkan beberapa fasilitas yang sama. Fasilitas tersebut seperti tempat gym, parkir gratis, ruang komunitas, hingga ruang cuci yang ada di terdapat di dalam unitnya.

Sedangkan untuk kondominium, akan mendapatkan fasilitas seperti apartemen, namun dengan tambahan yang lainnya. Area hewan peliharaan, tempat mencuci mobil, area bermain sampai dengan taman bisa menjadi fasilitas tambahan. Fasilitas tersebut juga termasuk ke dalam kelebihan kondominium yang bisa dipakai pemiliknya.

4. Pemeliharaan

Pemeliharaan juga masuk ke dalam perbedaan antara kondominium dan apartemen. Bagi seseorang yang tinggal di apartemen, bisa menghubungi pemiliknya apabila ada kerusakan atau kendala yang terjadi di dalam unitnya.

Lalu, untuk kondominium, pembeli yang sekaligus menjadi pemilik lah yang perlu bertanggung jawab apabila terdapat masalah di tempat huniannya. Hal itu berarti, pemilik yang akan bertanggung jawab langsung jika terjadi kerusakan atau kendala pada tempat huniannya.

5. Unit

Apabila dilihat dari unit, memang terkadang sulit untuk menemukan perbedaannya dari kedua jenis hunian tersebut. Misalnya, unit yang berada dalam satu gedung apartemen kebanyakan mempunyai desain seperti pemotong kue.

Apartemen tipe studio ataupun unit apartemen dengan dua tempat tidur akan terlihat sama. Sedangkan, untuk kondominium, sering kali jaraknya berdekatan, sehingga sesama pemilik akan tinggal berdekatan dan perlu berbagi dinding.

Setelah melihat perbedaan kondominium dengan apartemen yang telah dijelaskan, diharapkan pembeli dapat menentukan ketika melakukan pembelian. Masyarakat bisa mengunjungi situs jual-apartemen.com untuk membeli hunian jenis apartemen dengan berbagai fasilitas yang tersedia dan sesuai dengan kebutuhan pembelinya. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau, pilihlah hunian sesuai kebutuhan dan dana yang ada.