Hitung Mudah Gaji Karyawan Melalui Payroll System

Umumnya, proses penggajian manual berjalan cukup lama dan rumit disebabkan oleh banyaknya komponen penggajian seperti informasi karyawan, Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan, dan lain-lain. Kini, untungnya ada cara yang lebih mudah dalam menghitung gaji karyawan yaitu menggunakan payroll system.

Apa Saja Kelebihan Payroll System?

Sebenarnya, ada banyak kelebihan payroll system dibandingkan perhitungan sistem manual. Apa saja hal tersebut? Mari kita ulas satu-satu!

Akurat

Coba bayangkan berapa lama Anda harus berkutat dalam perhitungan manual. Biasanya karena banyaknya komponen dan karyawan yang ada di perusahaan. Namun, lain hal dengan payroll system. Sistem yang satu ini dapat memproses dan mengolah gaji karyawan secara akurat dan tepat. Dengan demikian, kemungkinan kesalahan hitung bisa diminimalisir dengan baik.

Menyimpan Data dengan Aman

Banyak kejadian yang melibatkan pencurian data karyawan. Fenomena ini membuat perusahaan harus lebih selektif dan ketat dalam menjaga informasi pribadi karyawan. Salah satunya dalam aspek penggajian.

Tidak hanya dalam aspek pencurian data, kelemahan dalam keamanan data juga bisa membuat konflik kerja di antara karyawan. Kejadian yang paling umum adalah kecemburuan sosial, dimana satu karyawan akan cemburu kepada karyawan lain yang memiliki gaji lebih tinggi, padahal posisinya sama.

Kadang kala ada berbagai pertimbangan perusahaan untuk memberikan gaji yang berbeda untuk karyawan dengan posisi serupa, contohnya adalah perbedaan masa bakti yang akan mempengaruhi gaji yang diterima. Maka dari itu, perusahaan perlu menjaga sebaik mungkin keamanan dan kerahasiaan data milik karyawan.

Baca Juga: Pengertian, Tarif, Contoh Perhitungan PPh Pasal 25

Fleksibel

Keunggulan berikutnya adalah soal fleksibilitas. Staf HRD umumnya harus berada di kantor untuk mengerjakan berbagai tugas, termasuk menghitung penggajian. Namun, dengan adanya payroll system. HRD bisa saja memproses gaji karyawan di mana saja dan kapan saja. Hal ini membuat kinerja HRD lebih fleksibel dan tidak harus melulu bekerja dari kantor. Bahkan, HRD pun juga bisa bekerja dari rumah loh!

Mudah Digunakan

Dan kelebihan terakhir yang mengungguli payroll system dibandingkan cara manual adalah kelengkapan fitur yang mudah digunakan. Berkat adanya fitur yang mudah digunakan ini, HRD bisa memproses gaji lebih cepat secara otomatis. Alhasil, kinerja HRD pun lebih efektif dan efisien.

Menggunakan payroll system merupakan salah satu cara agar perusahaan dapat meningkatkan kualitas dalam pengelolaan karyawan. Dengan menggunakan sistem yang tepat, maka proses penggajian dapat berjalan otomatis, cepat, dan akurat. Contoh dari payroll system yang sudah banyak digunakan di pasaran adalah dari LInovHR.

Sementara itu, pihak HRD pun juga diuntungkan dengan adanya payroll system karena proses kerja yang bisa lebih efisien dan dapat fokus untuk tugas yang lain. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba?

Leave a Comment