Lima Penyebab Internet Lemot di Android yang Sering Terjadi

Internet yang lancar adalah dambaan bagi semua pengguna android. Apalagi saat sedang bekerja, belajar, meeting dan lainya yang membutuhkan kelancaran internet. Namun, tidak jarang koneksi internet yang digunakan pengguna android sering bermasalah. Lantas, apa penyebab internet lemot di android? Artikel ini akan membahas beberapa penyebab mengapa internet android suka lemot.

Sumber penyebab internet lemot tidak hanya bersumber dari provider yang dipakai oleh pengguna. Namun, pengaruh dari luar seperti cuaca, keramaian, tempat yang terletak di ketinggian dan lain-lain. Pengguna android akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kelancaran koneksi internetnya agar kembali. Berikut uraian penyebab internet lemot di android yang sering terjadi:

1. Internet Lemot karena Perubahan Cuaca

Cuaca yang tidak menentu sangat berpengaruh terhadap kelancaran internet di android. Cuaca yang sangat perpengaruh adalah saat hujan lebat karena koneksi internet yang harusnya masuk ke android harus terhalang oleh air yang turun. Sudah menjadi resiko bagi penduduk yang tinggal di wilayah tropis. Tidak ada cara khusus untuk mengatasi masalah ini kecuali dengan menunggu hujan reda.

2. Berada di Kawasan yang Ramai

Tidak bisa dipungkiri jika berada di tempat yang ramai akan menyebabkan sulitnya mendapatkan koneksi internet. Hal tersebut disebabkan karena banyak orang yang sedang menggunakan jaringan internet sehingga jaringan sangat sibuk. Tempat yang biasa menjadi penyebab internet lemot di android antara lain saat di konser, kegiatan keagamaan, di mall dan lain-lain.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Tidak ada solusi yang baik kecuali dengan menunggu tempat tersebut sepi. Jika pengguna sangat butuh koneksi internet dengan segera, maka disarankan bagi pengguna untuk keluar dari area tersebut dan segera mencari tempat yang terdapat koneksi yang lancar.

3. Aplikasi yang Terpasang di Android Sangat Banyak

Aplikasi yang terpasang di android jika terlalu  banyak tentu akan mengganggu kelancaran sinyal yang masuk ke dalam android. Apalagi jika aplikasi tersebut digunakan secara bersama. Mengapa bisa terjadi?

Ya, karena koneksi yang masuk di android akan terbagi-bagi untuk menjalankan berbagai aplikasi tersebut. Apalagi aplikasi yang membutuhkan internet yang besar seperti Instagram, telegram, facebook, tik-tok dan masih banyak lagi.

Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Pertama, menggunakan aplikasi secara bergantian, jangan memakai aplikasi yang bersamaan. Selain tidak menggunakan aplikasi yang bergantian, pengguna juga bisa mencopot aplikasi yang kurang penting.

Namun, jika dirasa aplikasi yang terpasang di android penting semua maka cara mengatasi masalah ini adalah dengan cara menonaktifkan beberapa koneksi jaringan yang tersambung ke beberapa aplikasi.

4. Berada di Tempat yang Jauh dari Tower

Biasanya tempat yang jauh dari tower adalah pedesaan. Selain itu, pedesaan juga terdapat banyak pohon yang tinggi dan rindang yang dapat menghalangi sinyal masuk ke android. Bagaimana cara pengguna android agar tetap mendapatkan sinyal walaupun hidup di desa? Mau tidak mau pengguna harus pintar mencari tempat untuk mencari koneksi internet, salah satunya di dekat tower.

5. Kehabisan Kuota

Penyebab internet lemot di android satu ini sering tidak diketahui pengguna android. Banyak pengguna android yang masih mencari apa yang menjadi penyebab internet lemot. Padahal, setelah dicek, ternyata kuota internet sudah habis atau sudah melewati batas waktu penggunaan. Sering-sering dicek ya agar segera bisa membeli kuota internet sehingga bisa menggunakan internet dengan lancar.

Itulah lima penyebab internet lemot di android yang bisa dijadikan referensi. Jangan lupa untuk selalu mengecek sumber masalah jika internet di android sedang lemot. Jika bisa menemukan masalah internet sejak dini, maka solusi pasti akan segera ditemukan. Namun, jika internet di android masih tetap lemot, pengguna bisa langsung menghubungi ke layanan provider yang dipakai.

Leave a Comment