Tips HR: Memaksimalkan Performance Management Selama Pandemi

Pandemi COVID-19 merupakan tantangan tersendiri bagi HRD mempertahankan kualitas performance management atau manajemen performa dengan baik. Namun, mengelola karyawan dari awalnya pun sudah tidak mudah. Ditambah dengan berbagai problema yang muncul selama pandemi membuat HRD harus banyak menyesuaikan diri dan mempelajari hal baru demi kestabilan kualitas tenaga kerja.

Jadi, apa yang bisa HRD lakukan untuk memaksimalkan performance management? Mari kita bahas satu-satu!

Pertimbangkan Pelatihan Online

Program pelatihan dan pengembangan merupakan salah satu upaya agar karyawan dapat meningkatkan kinerja dibandingkan sebelumnya. Dampak peningkatan kinerja ini akan membawa angin segar bagi perkembangan bisnis perusahaan.

Maka dari itu, HRD harus mencari berbagai taktik untuk mengadakan program pelatihan yang efektif. Di tengah pandemi yang menyebabkan perusahaan harus mengurangi kontak fisik, HRD dapat mempertimbangkan pelatihan online jika memungkinkan. Maka dari itu karyawan dapat mengikuti pelatihan dari jarak jauh dan meningkatkan keterampilan serta tetap aman.

Terapkan WFH atau Sistem Hybrid Work

Pandemi COVID-19 mempengaruhi kebijakan perusahaan mengenai jam kerja dan pola kerja. Ada beberapa perusahaan mulai beralih kepada sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH). Kendati demikian, tidak semua perusahaan mampu mengadakan WFH terkait operasional perusahaan yang membutuhkan kehadiran karyawan di lokasi kerja.

Alternatif yang bisa dilakukan adalah menggunakan pola kerja hybrid, dimana HRD menetapkan jadwal WFH dan kerja dari kantor secara bergantian. Alhasil, operasional perusahaan tetap terjaga.

Agar mudah mengelola karyawan yang sedang bekerja dari rumah, perusahaan bisa mengimplementasikan aplikasi absensi karyawan android yang akan digunakan karyawan untuk mencatatkan kehadiran. Contoh aplikasi yang sering digunakan perusahaan adalah LinovHR. LinovHR sendiri sudah terkenal berpengalaman dalam menyediakan Software HRD di Indonesia.

Transparan Terhadap Perkembangan Kinerja Perusahaan

Rasanya hampir semua perusahaan mengalami bermacam kendala dan perubahan terkait adanya pandemi COVID-19. Tak jarang hal tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan. Ada baiknya jika perusahaan melalui HRD bersikap transparan mengenai apa yang terjadi di perusahaan selama pandemi. Dengan begitu, jajaran manajerial dan karyawan dapat saling bertukar masukan untuk menghimpun strategi kelangsungan bisnis.

Memotivasi Kinerja Karyawan yang Rendah

Pandemi COVID-19 juga membawa pengaruh besar bagi kehidupan sosial masyarakat. Dampaknya bisa menyebar ke kinerja karyawan. Jika HRD menemukan kinerja karyawan yang cenderung menurun, sebaiknya cari tahu lebih lanjut mengenai penurunan kinerja tersebut dan rangkullah karyawan yang mengalami penurunan kinerja. Jangan lupa tawarkan bantuan dan solusi atas masalah kinerja yang dihadapi. Cara ini cukup ampuh untuk memotivasi karyawan bekerja lebih baik serta membantu meningkatkan sense of belonging.

Pandemi COVID-19 memang cukup menghantam banyak perusahaan, bahkan ada perusahaan yang mengalami gangguan karena tidak dapat menyesuaikan diri dengan keadaan. Dalam kondisi ini, HRD mempunyai peranan besar untuk memaksimalkan performance management agar operasional perusahaan bisa berdiri di tengah arus yang kian pesat. Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu!

 

Leave a Comment